Pabrikan Mobil China Leapmotor Gandeng Stellantis untuk Berselancar di Eropa

JAKARTA - Leapmotor, merek otomotif dari China secara resmi memperluas pasar globalnya di Eropa dengan mendirikan usaha patungan bersama Stellantis, bernama Leapmotor International B.V.

Bermarkas di Amsterdam, Belanda, perusahaan tersebut akan dipimpin oleh Tianshu Xin yang menjabat sebagai CEO. Tidak hanya itu, pabrikan juga memperkenalkan T03 dan C10 sebagai dua model pertamanya di benua biru.

CEO Stellantis Carlos Tavares, mengatakan berdirinya perusahaan patungan ini merupakan langkah konkret bagi pihaknya dalam menyediakan beragam model Battery Electric Vehicle (BEV) dan bersaing dengan sejumlah merek dari China di pasar utama seluruh dunia, seperti BYD, Chery, maupun Great Wall Motor (GWM).

“Memanfaatkan kehadiran kami di pasar global, kami akan segera dapat menawarkan kepada pelanggan kami harga kendaraan listrik yang kompetitif dan berpusat pada teknologi yang akan melebihi harapan mereka,” kata Tavares dalam situs perusahaan, Rabu, 15 Mei.

Perusahaan akan memanfaatkan saluran distribusi Stellantis dan peluncurannya dimulai di Eropa terdiri dari Prancis, Italia, Jerman, Belanda, Spanyol, Portugal, Belgia, Yunani, dan Rumania.

Mulai bulan September 2024, perusahaan akan dirikan 200 titik penjualan pada akhir tahun ini dan ditingkatkan menjadi 500 pada 2026 mendatang.

Sementara, peluncuran produk dari Leapmotor akan diperluas ke sejumlah wilayah, termasuk Turki dan Israel, serta Afrika dan Timur Tengah. Kemudian, Leapmotor juga akan menyasar pasar negara India, Australia, Selandia Baru, Brasil, Chili, dan wilayah Asia Pasifik (Thailand dan Malaysia).

“Kemitraan antara Leapmotor dan Stellantis menunjukkan tingkat efisiensi yang tinggi, membuka babak baru dalam integrasi global industri kendaraan listrik cerdas Tiongkok,” ucap Founder dan Chairman Leapmotor Jiangming Zhu.

Leapmotor C10 merupakan produk pertama yang akan ditawarkan di pasar global. Dibangun di atas platform LEAP3.0, mobil ini masuk ke dalam kelas D-segment yang berorientasikan ke kendaraan keluarga. Mobil ini miliki baterai yang dapat berjalan dengan jangkauan 420 km menurut WLTP dan miliki predikat keselamatan lima bintang dari Euro NCAP.

Sementara itu, Leapmotor T03 merupakan mobil berukuran kecil bergaya lima pintu yang memasuki kelas B-segment. Usung gaya yang stylish, mobil ini miliki baterai yang dapat memberikan daya jangkau 265 km menurut perhitungan WLTP.