Pekerja Apple di Maryland Dukung Mogok, Sementara Pekerja di New Jersey Tolak Bersindikat

JAKARTA - Pekerja di toko Apple di Towson, Maryland, memberikan suara mendukung mogok kerja. Hal ini dikatakan  International Association of Machinists and Aerospace Workers (AIM) dalam sebuah pernyataan pada  Sabtu, 11 Mei. Tanggal untuk pemogokan belum diputuskan, menurut serikat pekerja yang mewakili pekerja toko ritel Apple di Maryland.

"Masalah yang menjadi prioritas dalam tindakan ini termasuk kekhawatiran tentang keseimbangan kehidupan kerja, praktik penjadwalan yang tidak dapat diprediksi yang mengganggu kehidupan pribadi, dan upah yang tidak sejalan dengan biaya hidup di daerah tersebut," kata IAM dalam pernyataannya.

"Kami akan berinteraksi dengan serikat yang mewakili tim kami di Towson dengan hormat dan itikad baik," kata juru bicara Apple.

Pada Juni 2022, pekerja Apple di Maryland memberikan suara untuk bergabung dengan serikat International Association of Machinists and Aerospace Workers, menjadi karyawan ritel pertama raksasa teknologi itu yang bersindikat di Amerika Serikat.

Sementara itu, pekerja di toko Apple di Short Hills, New Jersey, memberikan suara menolak bersindikat, menurut laporan Bloomberg News pada  Sabtu lalu.

Communications Workers of America (CWA), yang mengajukan keluhan ke Dewan Hubungan Buruh Nasional (NLRB) atas dugaan perusakan serikat yang ilegal oleh Apple di toko New Jersey dan lainnya, menyalahkan kekalahan itu pada perilaku perusahaan.

Staf ritel Apple di toko New Jersey telah mengajukan representasi serikat dengan Communications Workers of America pada 8 April, menurut John Nagy, yang merupakan kepala operasi di toko Short Hills dan anggota komite pengorganisasian.

Apple tidak menanggapi permintaan komentar tentang suara menolak bersindikat. CWA dan NLRB tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media mengenai laporan Bloomberg tentang suara pekerja di New Jersey.