Polisi Sebut Banyak Pelat Khusus Kode ZZ Palsu

JAKARTA - Polisi menyebut banyak kendaraan pelat nomor khusus berkode ZZ yang sudah ditindak karena melanggar lalu lintas. Namun, mayoritas pelat yang digunakan palsu.

"Kebanyakan karena mereka melakukan pelanggaran kami hentikan, nopolnya palsu. Kebanyakan begitu," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Kamis, 9 Mei.

Pelat khusus dikatakan sangat mudah dideteksi. Sebab, seluruhnya telah tercatat, baik jenis kendaraan maupun pemiliknya. "Ya itu kan ada daftarnya. Yang sudah tercetak untuk nomor khusus ini," sebutnya.

Latif juga menegaskan penggunaan pelat khusus bukan berarti lepas dari penindakan. Apabila melanggar, sanksi tilang akan dilakukan. 

"Jadi orang-orang yang melakukan, menggunakan nomor khusus ini tidak bebas dari pelanggaran, tidak. Kalau mereka melakukan pelanggaran tetap kita lakukan penindakan," kata Latif.

Sebagai informasi, pelat khusus dengan kode ZZ diperuntukan bagi kendaraan pejabat TNI-Polri, Kementerian atau lembaga yang setingkat eselon satu dan dua. Pelat khusus itu hanya boleh digunakan di satu kendaraan untuk setiap pejabat yang diberikan.