Jenis Daging Wagyu Sapi Berdasarkan Peringkat, Ras, dan Irisan

YOGYAKARTA – Daging wagyu biasanya dipahami sebagai daging berkualitas tinggi yang didapat dari sapi pilihan. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak jenis daging wagyu yang didasarkan pada tiga hal yakni peringkat (grade), ras sapi, hingga potongan?

Tiap peringkat pada wagyu memiliki standar penilaian masing-masing. Artikel ini akan memberikan informasi tentang jenis wagyu.

Jenis Daging Wagyu

Seperti dijelaskan sebelumnya, daging wagyu dinilai berdasarkan grade, ras, dan potongan. Tiap klasifikasi punya penilaian masing-masing. Berikut penjelasannya.

  1. Jenis Wagyu dari Peringkat

Ada lembaga khusus yang menilai wagyu berdasarkan standar kualitas daging sapi wagyu itu sendiri. Di Jepang lembaga tersebut bernama Japanese Meat Grading Association. Lembaga tersebut punya metode untuk menentukan nilai wagyu.

Lembaga penilai wagyu tersebut memberikan simbol berupa huruf yakni A, B, C, dan simbol angka yakni 1, 2, 3, 4, 5. Sekain besar kualitas daging makin atas pula huruf yang disematkan.

  • Nilai A artinya wagyu berada di tingkat paling berkualitas yang berasal dari sapi keturunan wagyu
  • Nilai B artinya kualitas wagyu berada di tingkat menengah, biasanya daging diambil dari sapi blasteran
  • Nilai C artinya kualitas wagyu paling rendah yang diambil dari sapi angus atau whole stain

Sedangkan angka yang disematkan setelah huruf menandakan penilaian terhadap tampilan yang dinilai dari beberapa aspek mulai dari warna daging, jumlah lemak, halus atau tidaknya tekstur, ketegasannya, dan marbling. Makin tinggi angka makin tinggi pula kualitas wagyu.

Salah satu jenis wagyu yang terkenal adalah daging wagyu A5. Keistimewaan daging wagyu A5 membuat para pecinta daging sering memburu sajian tersebut.

  1. Jenis Wagyu dari Ras

Penilaian ini didasarkan pada ras sapi yang dipotong untuk menjadi wagyu. Tiap ras sapi punya sebuutan dan penilaian sendiri-sendiri. Jumlah ras sapi di Jepang sendiri ada empat yakni sebagai berikut.

  • Kuroge Washu (Japanese Black)

Di Jepang, ras sapi ini sangat banyak dijumpai. Wagyu yang berasal dari sapi ini biasanya terasa emput dengan lemak yang mampu meleleh di mulut.

  • Akage aWashu (Japanese Brown)

Berbeda dari ras sebelumnya, Akage Washu dikenal memiliki daging yang keras. Akan tetapi rasa dagingnya banyak disebut unik sehingga punya kelezatan sendiri.

  • Nihon Tankaku Washu (Japanese Shorthorn)

Sapi ini berwarna merah kecoklatan dengan ukuran yang lebih besar dibanding ras sapi lain. Tekstur dagingnya kenyal namun tak banyak lemaknya.

  • Mukaku Washu (Japanese Poll)

Ras sapi ini persilangan antara sapi Jepang dengan Skotlandia. Daging yang dihasilan nikmat namun teksturnya kenyal.

  1. Jenis Wagyu dari Potongan

Jenis daging wagyu selanjutnya didasarkan pada potongan atau irisan. Ada beberapa jenis potongan yakni sebagai berikut.

  • Tenderloin

Tenderloin adalah potongan yang berasal di bagian tengah sapi. Bagian ini dikenal sangat empuk, lembut, dengan lemak yang makin membuat daging terasa gurih.

  • Sirloin

Potongan sirloin diambil dari bagian punggung sapi sehingga tekstur lebih alot. Meski begitu rasaya tak kalah lezat. Tak heran sirloin juga dikenal dengan potongan unggulan.

  • Rib Eye

Potongan ini diambil di area tulang rusuk dan punggung. Di Indonesia potongan ini dikenal dengan nama iga. Karena dekat dengan tulang, potongan ini dikenal dengan rasanya yang gurih.

Itulah informasi terkait jenis daging wagyu. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.