Masalah Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama dan Cara Menanggulanginya

YOGYAKARTA - Sempatkah Kalian menghitung berapa lama ataupun berapa jam yang Kalian habiskan dalam satu hari buat duduk? Serta mengerti kah Kalian terkait masalah kesehatan akibat duduk terlalu lama? Ayo ikuti informasi selengkapnya berikut ini.

Ya, duduk begitu lama merupakan Kerutinan yang kurang baik. Misalnya, di kala Kalian bekerja di depan komputer, menyetir kendaraan pribadi, menghabiskan waktu berjam-jam dalam kemacetan di kendaraan umum, menghabiskan waktu luang dengan duduk berlama-lama di depan tv, serta kegiatan sejenis yang lain.

Bila dihitung-hitung, waktu yang kita sediakan dalam satu hari buat kegiatan gerak bisa jadi sangat minim. Rutinitas tiap hari senantiasa berjalan seperti biasa tanpa terpikir gangguan kesehatan yang lagi mengintai.

Efek duduk terlalu lama berefek pada kesehatan diri, terlebih bila tidak mempraktikkan pola makan sehat serta kurang berolahraga. Seperti apa gangguan kesehatan yang bisa menyerang seseorang akibat kerap duduk begitu lama? Berikut ulasannya.

Masalah Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Kenapa kita tidak boleh duduk begitu lama? Seperti yang sudah dipaparkan di awal, frekuensi duduk yang kelewatan bisa mengusik kesehatan badan. Contohnya yaitu melemahnya otot, gangguan leher serta tulang belakang, gangguan pada kaki, sampai penurunan kemampuan otak.

I. Gangguan Kaki

Gangguan kaki pula bisa terjadi akibat duduk begitu lama. Di mana posisi tersebut menghambat perputaran darah di kaki. Keadaan ini menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki, yang bisa berdampak pada varises, bengkak pergelangan kaki, serta bahkan gumpalan darah yang berbahaya.

II. Penurunan Kemampuan Otak

Asupan darah dan oksigen sangat sedikit didapatkan oleh otak saat Kalian duduk, terlebih dalam waktu yang lama. Keadaan ini bisa berdampak pada penurunan kemampuan otak. Ketika otak tidak memperoleh kedua asupan di atas, gunanya melambat sehingga Kalian bakal susah buat fokus serta merasa cepat letih.

III. Melemahnya Otot

Melemahnya otot pula ialah gangguan kesehatan yang dapat datang akibat duduk begitu lama. Kegiatan gerak semacam berdiri, berjalan, serta menggerakkan anggota badan dapat mengencangkan otot, terutama otot perut.

Kebalikannya, selama duduk, otot tidak terpakai sehingga bisa melemah. Mobilitas otot pinggang juga bisa menurun sebab kaku akibat terlalu lama duduk serta terbatasnya gerak. Oleh sebab itu, Kalian wajib memperhatikan lagi intensitas duduk Kalian.

IV. Gangguan Leher serta Tulang Belakang

Berikutnya, duduk dengan waktu yang lama pula bisa menyebabkan gangguan leher serta tulang belakang. Perihal ini terjadi sebab duduk terlalu lama menaikkan tekanan pada tulang belakang serta cakram yang menyusun tulang belakang. Tidak hanya itu, posisi duduk yang tidak benar pula bisa memperparah keadaan ini.

V. Tingkatkan Resiko Obesitas

Akibat duduk begitu lama tidak dapat disepelekan. Duduk berjam-jam dengan sedikit gerakan bisa merangsang seorang buat terus makan sampai tidak sadar berat badan telah meningkat banyak. Keadaan ini bisa tingkatkan resiko kegemukan pada anak ataupun orang dewasa, terlebih bila tidak mengimbanginya dengan berolahraga teratur.

Cara Menanggulangi Duduk Terlalu Lama

Bila Kalian termasuk orang yang banyak duduk terutama dalam pekerjaan, ada sebagian metode yang dapat dicoba buat kurangi kendala kesehatan yang bisa jadi terjadi akibat duduk sangat lama.

Mulailah menyesuikan diri melaksanakan gerakan ataupun kegiatan fisik ringan di sela-sela pekerjaan Kalian, misalnya tiap beberapa jam beranjak dari tempat duduk buat ke kamar kecil ataupun ke pantry buat mengisi botol minum, serta berjalan di sekitar kantor sembari berinteraksi dengan rekan kerja.

Tidak hanya itu, Kalian pula dapat perbanyak keseriusan gerak Kalian dengan memilah memakai tangga dibanding lift supaya badan aktif bergerak, serta melaksanakan peregangan badan tiap 2-3 jam sekali selama 5-10 menit.

Agar lebih percaya lagi akan bahayanya, baca juga: “5 Alasan Terlalu Banyak Duduk Buruk untuk Kesehatan”.

Jadi setelah mengetahui masalah kesehatan akibat duduk terlalu lama, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!