7 Pengumuman Terbesar dari Acara Apple Let Loose

JAKARTA - Apple baru saja menyelesaikan acara "Let Loose"-nya, di mana mereka memamerkan penambahan terbaru ke dalam lineup iPad mereka dalam hampir dua tahun terakhir. Tetapi acara tersebut tidak hanya tentang iPad. Publik  juga mendapatkan kesempatan pertama melihat beberapa aksesori yang diperbarui dan perangkat lunak yang diperbarui.

  1. iPad Air menambahkan lebih banyak ruang layar

Apple telah menambahkan iPad Air 13 inci baru ke dalam lineup mereka, menawarkan alternatif yang lebih murah dan ringan dari iPad Pro. Selain ukuran yang lebih besar, Apple juga menambahkan chip M2 ke perangkat tersebut — sebuah upgrade dari chip M1 yang mereka sertakan dengan model 2022.

iPad Air baru ini hadir dalam warna biru, ungu, starlight, dan abu-abu. Harganya $599 untuk versi 11 inci dan $799 untuk model 13 inci. Kedua model memiliki penyimpanan dasar 128GB dan dilengkapi dengan pilihan untuk 512GB dan 1TB.

  1. iPad Pro mendapatkan layar OLED dan desain yang lebih ringan

Untuk pertama kalinya, iPad Pro dilengkapi dengan layar OLED yang lebih tajam dan lebih hidup. iPad Pro juga memiliki profil yang lebih tipis, dengan ukuran hanya 5,3mm untuk versi 11 inci dan 5,1mm untuk model 13 inci.

Apple tidak hanya memberikan makeover fisik pada iPad Pro — mereka bahkan menambahkan prosesor generasi berikutnya, M4. iPad Pro baru ini hadir dalam warna perak dan hitam ruang, dengan penyimpanan dasar 256GB. Model 11 inci dimulai dari  999 dolar AS (Rp16 juta), sementara versi 13 inci dimulai dari  1.299 dolar AS (Rp20,8 juta).

  1. Chip M4 yang lebih cepat dan siap AI

Berbicara tentang M4, Apple mengungkapkan prosesor barunya selama acara tersebut. Ini dilengkapi dengan CPU 10 core dan GPU 10 core dan dibangun menggunakan proses 3nm yang lebih efisien. Apple mengatakan CPU chip ini 50 persen lebih cepat dari M2, menjadikannya "chip yang sangat kuat untuk AI."

  1. Apple Pencil Pro baru dengan umpan balik haptik

Setelah mengumumkan Apple Pencil yang lebih murah dengan USB-C tahun lalu, Apple kembali dengan pembaruan lain. Apple Pencil Pro baru sekarang mendukung umpan balik haptik, bersama dengan gerakan menggenggam baru yang dapat Anda gunakan untuk membuka menu. Ini juga memungkinkan Anda untuk menggulung Pensil untuk mengubah bentuk kuas dan mendukung Find My. Apple Pencil Pro kompatibel dengan iPad Pro dan harganya  129 dolar AS (Rp2 juta).

  1. Magic Keyboard yang "terasa seperti menggunakan MacBook

Apple Pencil bukan satu-satunya aksesori iPad yang mendapatkan upgrade. Apple juga memamerkan Magic Keyboard yang didesain ulang dengan penopang tangan aluminium, trackpad yang lebih besar dengan umpan balik haptik, dan baris fungsi. Ini juga hadir dalam warna perak dan hitam ruang untuk cocok dengan iPad Pro. Magic Keyboard ini memiliki harga  299 dolar AS untuk versi 11 inci dan  349 dolar AS untuk versi 13 inci.

  1. Harga iPad lebih murah

Dengan peluncuran iPad Air dan iPad Pro baru, Apple mengumumkan bahwa mereka menurunkan harga iPad generasi ke-10 mereka ke  349 dolar AS (Rp5,6 juta). Itu  100 dolar AS lebih rendah dari harga awal sebelumnya  449 dolar AS (Rp7,2 juta).

  1. Pembaruan di seluruh suite kreatif Apple

Apple meluncurkan aplikasi baru bernama Final Cut Camera, yang dibangun khusus untuk mendukung produksi multicamera langsung. Aplikasi ini disinkronkan dengan aplikasi Final Cut Pro yang diperbarui dan memungkinkan pengguna "menghubungkan beberapa iPhone atau iPad untuk menangkap sudut tambahan selama pengambilan gambar multicam langsung atau merekam video profesional.

Selain itu, Apple juga mengungkapkan fitur AI baru untuk workstation audio digital mereka, Logic Pro, termasuk pemain bas virtual baru dan pemain keyboard.