Apple Pencil Terbaru Akan Memiliki Fitur Umpan Balik Haptik
 Apple tambahkan fitur baru ke Apple Pencil (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Apple akan meluncurkan jajaran iPad terbaru di acara Let Loose yang akan digelar pada 7 Mei mendatang. Selain meluncurkan rangkaian iPad, Apple diperkirakan akan memperkenalkan Pencil terbaru.

Menurut laporan Bloomberg, Apple Pencil generasi terbaru akan memiliki fitur umpan balik haptik. Artinya, stylus pen ini akan terasa lebih hidup karena pengguna bisa merasakan sensasi tertentu saat memegang teknologi tersebut.

Fitur umpan balik haptik akan disesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka di iPad. Misalnya, saat pengguna membuka aplikasi desain dan ingin menggambar dalam mode krayon, Pencil bisa terasa lebih berat untuk menggambarkan krayon yang kasar dan berat.

Jika pengguna ingin menggambar dengan mode pensil warna, tentu saja umpan balik haptiknya akan terasa sangat ringan. Selain mendapatkan fitur umpan balik haptik, Apple Pencil juga mendapatkan gerakan tambahan yang mendukung fleksibilitas.

Referensi kode yang ditemukan oleh 9to5mac menunjukkan bahwa Pencil akan mendukung gerakan squeeze atau meremas. Gerakan ini membantu pengguna untuk melakukan sejumlah tindakan cepat, seperti membuat bentuk baru atau menambahkan stiker.

Informasi lainnya seperti spesifikasi dari Apple Pencil belum terungkap. Untuk mengetahui masa pemakaian daya, berat dan panjang stylus-nya, lama pengisian daya, dan fitur terbaru lainnya, kita harus menunggu hingga acara Let Loose digelar.

Apple telah membagikan undangan acara Let Loose pada Rabu, 24 April. Undangan itu tidak menjelaskan secara detail terkait perangkat apa yang akan diluncurkan. Namun, acara ini diyakini akan memperkenalkan iPad terbaru, Magic Keyboard, dan Apple Pencil.