Dampak Gejala Stroke, Betharia Sonata Tak Bisa Bedakan Warna hingga Sulit Berbicara

JAKARTA - Mantan suami penyanyi lawas Betharia Sonata, Willy Dozan menuturkan salah satu penyebab mantan istrinya Terserang gejala strole ialah penyakit diabetes gula.

Hal ini disebabkan Betharia suka meminum teh manis hingga kopi yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Willy menjelaskan kalau gula Betharia mencapai 300 yang akhirnya menyebabkan gejala stroke.

"Banyak ya (penyebabnya), terutama mungkin diabetes gula. Gulanya agak tinggi makanya saya bilang ini harus stop gula. Teh manis kopi masih stop jadi gulanya memang jahat ya. Senior saya juga kena diabetes dulu ginjal baru stroke. Awal mulanya gula," ujar Willy Dozan di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Mei.

"Ya pasang surut gulanya hampir 300. Itu gula bisa menyerang orang mana pun. Bisa ginjal bisa stroke," sambungnya.

Willy menceritakan kalau kondisi mantan istrinya itu sudah jauh lebih baik walau masih harus melatih otot motoriknya pasalnya hingga kini Betharia belum bisa berbicara dengan lancar karena stroke di bagian wajah.

"Ya ada kemajuan ya. Cuma perlu dilatih motoriknya aja. Kalau jalan lancar, cuma kalau bicara sedikit kurang lancar. Gejala strole, baru gejala," ucap Willy.

"Kalau ditanya warna apa ini? Merah dia bilang hijau. Kuning dia bilang biru. Jadi dilatih motoriknya aja karena syarafnya lemah. Anak perempuan tuh yang banyak (bantu) ngelatihnya. Supaya bicara terus supaya lancar," kata Willy Dozan.

Untuk saat ini Betharia Sonata diwajibkan istirahat dan diusahakan untuk tidak banyak pikiran demi menjaga kondisi kesehatannya.

"(Pola hidup Betharia) Masih dijaga, masih enjoy. Nggak boleh banyak pikiran. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yah banyak saudara temen sahabat yang mensupport sekali," pungkasnya.