Honda Bakal Hadirkan Mobil Hybrid dengan Harga Terjangkau di Australia

JAKARTA - Dalam kemajuan teknologi kendaraan hybrid, Toyota boleh merajai segmen ini. Namun, Honda bersiap memberikan tekanan ke rivalnya tersebut dengan memperkenalkan sistem bensin-listrik yang hemat BBM dengan harga terjangkau.

Langkah yang dilakukan oleh pabrikan berlogo “H” ini demi memperluas ketersediaan kendaraan hybrid di sejumlah model bakal diperkirakan terjadi akhir tahun ini di pasar Australia.

“Kami memiliki teknologi hybrid yang bagus dan kami akan mulai melihat perluasannya pada akhir tahun ini juga,” kata Direktur Honda Australia Carolyn McMahon, dilansir dari Drive, Selasa, 7 Mei.

Meskipun masih belum diketahui model apa yang akan dihadirkan, kemungkinan SUV HR-V bakal hadir dalam varian hybrid dengan harga terjangkau. Diharapkan, model tersebut bisa dirilis di akhir tahun 2024.

“Mungkin di akhir tahun ini, melalui pembaruan model atau peningkatan yang berbeda, kalian akan melihat model hybrid diperluas ke seluruh jajaran produk,” ucap McMahon.

Honda senang dengan penjualan mobil hybridnya, yang dikatakan melebihi ekspektasi mereka dari tahun lalu. Terlebih, merek tersebut telah mengatasi masalah kekurangan stok dan disebut berdampak pada penjualannya pada tahun 2023.

“Penyerapan hybrid kami saat ini sekitar 40 persen,” tambah McMahon.

Di Australia, Honda berhasil menyalip merek mewah Lexus dan menjadikannya masuk ke dalam tiga besar sebagai produsen dengan penjualan mobil hybrid terbesar dengan mencatat 1.884 unit selama empat bulan 2024, namun masih di belakang Toyota dengan 24.379 unit dan GWM dengan 2.616 unit.

Menurut data dari Federal Chamber of Automotive Industries (FCAI), sebanyak 94 persen seluruh penjualan Accord, 44 persen model ZR-V, 41 persen dari HR-V, dan 38 persen CR-V merupakan produk hybrid.