Apple Vision Pro Mendapatkan Adopsi Luas di Perusahaan Fortune 100

JAKARTA -Pada panggilan pendapatan kuartal pertama 2024, CEO Apple, Tim Cook, mengungkapkan bahwa headset komputasi spasial mixed-reality Vision Pro telah diadopsi oleh sebagian besar perusahaan Fortune 100, dengan lebih dari setengahnya membeli setidaknya satu unit.

Cook menjelaskan bahwa adopsi Vision Pro oleh perusahaan-perusahaan besar tersebut merupakan tanda meningkatnya antusiasme terhadap produk-produk Apple.

"Misalnya, lebih dari setengah perusahaan Fortune 100 telah membeli unit Apple Vision Pro dan sedang mengeksplorasi cara inovatif untuk menggunakannya melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan," kata Cook.

Vision Pro diluncurkan pada awal Februari 2024 dengan harga  3.499 dolar AS (Rp56 juta) di Amerika Serikat. Namun, tampaknya headset ini belum banyak mempengaruhi pasar konsumen, di mana banyak pilihan headset VR berharga lebih rendah, seperti Meta Quest, mendominasi.

Namun,  headset Vision Pro dan posisi unggul Apple dalam arena komputasi spasial membuatnya siap untuk membawa metaverse ke mainstream dan menjadi pilihan utama untuk adopsi perusahaan.

Di mana headset paling populer cenderung menawarkan pengalaman realitas virtual yang menyeluruh, Vision Pro dirancang untuk pengalaman realitas campuran dan diperbesar yang menggabungkan dunia nyata dan gambaran digital.

Apple merujuk pada ini sebagai komputasi spasial.

Daripada menjadikan perangkat sebagai produk gaming dan sosial, perusahaan-perusahaan yang mengadopsi Vision Pro tampaknya menggunakan headset ini untuk fungsi-fungsi perusahaan terkait metaverse. Salah satu contoh adalah menggunakan headset untuk membantu melatih dokter melakukan operasi ketika mayat tidak tersedia.

Cook juga memberi bocoran tentang pembaruan yang akan datang selama panggilan pendapatan, menyatakan bahwa adopsi oleh Fortune 100 hanyalah "permulaan". Dia kemudian menambahkan, "Kedepannya, kami bersiap untuk pengumuman produk yang menarik minggu depan yang kami yakini akan disukai oleh pelanggan kami."

Belum jelas apakah ini akan terkait dengan Vision Pro - rumor-rumor mengatakan Vision Pro 2 akan diluncurkan pada tahun 2026, dengan model yang lebih murah tiba di antaranya. Jika benar, waktu acara Apple berikutnya, yang disebut "Let Loose," pada tanggal 7 Mei, mungkin sempurna bagi perusahaan untuk mengumumkan Vision Pro yang lebih murah untuk tahun 2025.