BUMN Ikut Sponsori Olahraga, Erick Thohir: Tanpa Paksaan

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui perusahaan pelat merah sering menjadi sponsorship pada pertandingan olahraga. Namun, ia memastikan tak ada paksaan dari pihaknya agar BUMN mensponsori pertandingan olahraga.

“Tentu ini apresiasi, tanpa paksaan,” kata Erick ditemui di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu, 5 Mei.

Erick menjelaskan dana corporate social responsibility (CSR) BUMN tidak hanya difokuskan untuk sektor pendidikan, lingkungan, dan UMKM, tapi juga untuk kegiatan kemasyarakatan. Seperti misalnya pertandingan olahraga.

“Kita membentuk CSR fokus di pendidikan, lingkungan dan UMKM. Tetapi saya juga mendorong para BUMN ini harus berkontribusi dengan sebuah event kemasyarakatan yaitu olahraga,” jelasnya.

Erick juga mengatakan setiap sponsor yang diberikan BUMN itu disesuaikan dengan ciri khas atau karakter perusahaan pelat itu sendiri.

Lebih lanjut, dia bilang pemberian sponsor ini juga sekaligus mendukung branding BUMN di tengah tingginya antusias publik terhadap olahraga tersebut.

“Makanya, kalau ditanya kok sepertinya ada PLN ke voli kenapa? Ya memang cocok PLN sama voli. Kenapa? Ya memang voli sebuah olahraga yang memang populer, yang digandrungi masyarakat menengah,” tutur Erick.

“Kenapa BNI ke bulutangkis? Ya memang BNI ini bank internasional kita, dan bulu tangkis kita memang sudah menggema di seluruh dunia,” sambungnya.

Menurut Erick, sponsorship yang diberikan BUMN memberikan manfaat bagi BUMN maupun sektor olahraga itu sendiri.

“Jadi brand ketemu brand, atau merek ketemu brand saling mendukung. Dan terbukti apa yang dilakukan selama ini sangat bermanfaat,” ucapnya.

Sekadar informasi, beberapa BUMN yang memberikan sponsor ke sektor olahraga, yakni PT PLN (Persero) menjadi sponsor olahraga voli. Kemudian ada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menjadi sponsor olahraga badminton atau bulutangkis.

Lalu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Pegadaian menjadi sponsor olahraga bola. Selain itu, ada pula PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi sponsor olahraga basket dan golf.