Mobil Listrik Buatan Cikarang Ini Kuasai Market Share EV di Indonesia

JAKARTA - Tren elektrifikasi yang semakin meningkat di Indonesia, menjadi ceruk pasar yang semakin diminati oleh para pabrikan otomotif. Dari sejumlah pabrikan yang telah meluncurkan mobil listrik untuk konsumen di tanah air, Wuling Motors, terbilang menjadi produsen paling moncer dalam hal penjualan EV.

Melalui data wholesales yang dirilis secara resmi oleh Wuling Motors, selama tiga bulan pertama pada tahun 2024 ini, terhitung mulai Januari hingga Maret 2024, Air ev berhasil terjual sebanyak 686 unit. Hal ini menjadi pertanda bahwa di tengah kompetisi EV yang semakin sengit, mobil listrik buatan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sukses mencuri perhatian konsumen.

Kembali pada data wholesales yang diberikan, pada Januari 2024, produk pertama jenama otomotif berlogo lima berlian tersebut memulai tahun dengan penjualan 6 unit, kemudian pada Februari meningkat tajam sebanyak 451 unit dan pada Maret 2024 terjual sebanyak 229 unit.

Tidak hanya kontribusi dari Air ev, namun model lainnya yakni BinguoEV, juga sukses menorehkan penjualan yang gemilang. Masih dari data yang dirilis oleh pabrikan ini, sepanjang Januari hingga Maret 2024, mereka berhasil mengantongi wholesales sebesar 3.121 unit dengan rincian pada Januari 2024 sebanyak 1.876 unit, Februari 2024 sebanyak 428 unit dan Maret 2024 sebanyak 817 unit.

Dengan pencapaian tersebut, total wholesales mobil listrik Wuling sepanjang tiga bulan pertama ini memiliki total 3.807 unit atau menguasai pangsa pasar sebesar 64,4 persen.

"Di tengah kondisi yang semakin ramai, kami berhasil mempertahankan posisi sebagai brand nomor satu di Indonesia dengan menguasai 64 persen pasar kendaraan listrik pada kuartal pertama tahun 2024," ungkap Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors Indonesia, di sela-sela gelaran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di Jakarta.

Adapun salah satu keunggulan serta kenyamanan yang diberikan oleh Wuling adalah dengan menghadirkan layanan Lifetime Core EV Components Warranty. Program ini menjamin kenyamanan bagi konsumen selama memiliki produk mobil listrik dari Wuling.

Selain itu, Wuling juga telah memiliki jaringan diler sebanyak 150 outlet di seluruh Indonesia. Seluruhnya telah siap untuk melayani penjualan dan purna jual kendaraan listrik Wuling.

Selain itu, sebagai salah satu penerima manfaat dari insentif pajak mobil listrik, EV yang diproduksi oleh Wuling semuanya telah dirakit secara lokal dan mengantongi nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen.