Google Play Store Luncurkan Label Khusus untuk Aplikasi Pemerintah

JAKARTA – Google meluncurkan label khusus di Play Store. Label yang diberi nama Pemerintah ini memberikan tanda kepada para pengguna Play Store bahwa aplikasi yang mereka lihat merupakan aplikasi resmi.

Sebelum diluncurkan, Google menguji fitur ini selama beberapa bulan dan sudah menambahkan label Pemerintah ke lebih dari 3.000 aplikasi di beberapa negara. Google bermitra langsung dengan pemerintah dalam menambahkan label di aplikasi mereka.

Saat ini, label tersebut akan terlihat saat pengguna membuka aplikasi milik pemerintah negara mereka. Di halaman aplikasi, tepatnya di samping rating, pengguna akan melihat ikon bangunan dengan keterangan Pemerintah di bawahnya.

Selain di halaman aplikasi, pengguna Play Store juga akan melihat ikon tersebut di hasil penelusuran. Label pemerintah ini ditambahkan di bagian bawah aplikasi. Label ini tidak bisa diklik seperti label yang terlihat di halaman aplikasi.

Jika suatu aplikasi memiliki label pemerintah, aplikasi ini memang sudah terjamin keasliannya oleh Google. Perusahaan itu pun menjelaskan bahwa Play Store telah, "memverifikasi bahwa aplikasi ini berafiliasi dengan entitas pemerintah.”

Untuk saat ini, peluncuran fiturnya masih terbatas di beberapa negara. Label ini hanya akan dilihat oleh para pengguna di negara Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, India, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat.

Label ini belum tersedia di Indonesia dan belum tahu kapan akan dilihat oleh pengguna Android di Indonesia. Sepertinya, kehadiran aplikasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena Google harus bekerja sama dengan pemerintah setempat terlebih dahulu.