Bocoran iPhone 16 Ungkap Empat Model, Gunakan Layar Lebih Besar

JAKARTA - Sebuah bocoran terbaru mengenai iPhone 16 telah muncul di web, yang mengklaim menunjukkan keempat model dari iPhone 16 yang akan datang. Informasi yang bocor menunjukkan bahwa terdapat empat model yang akan diluncurkan, yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Menurut bocoran tersebut, iPhone 16 Pro akan memiliki layar berukuran 6,3 inci, sedikit lebih besar dari model sebelumnya yang berukuran 6,1 inci pada tahun 2022.

Bocoran ini diposting oleh seorang insider terkenal dari Apple, Sonny Dickson, yang membagikan gambar yang menunjukkan keempat model iPhone 16 tersebut. Dalam gambar tersebut, ukuran layar dari masing-masing ponsel ditulis di atasnya.

iPhone 16 standar dan iPhone 16 Plus memiliki ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, yaitu 6,1 inci dan 6,3 inci.

Namun, perubahan besar terlihat pada model-model premium, yang akan mengalami peningkatan ukuran layar yang signifikan. Ini menjadi pembaruan ukuran pertama yang dilakukan Apple sejak iPhone 12 Pro yang memiliki peningkatan 0,6 inci dari model sebelumnya.

Namun, perlu diingat bahwa model dummy mungkin tidak 100 persen akurat, dan publik tidak akan tahu dengan pasti kebenaran gambar tersebut sampai Apple secara resmi meluncurkan seri iPhone terbarunya. Kemungkinan ini akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Apple biasanya mengadakan beberapa acara sepanjang tahun untuk meluncurkan produk baru dan biasanya mengumumkan ponsel barunya pada bulan September.

Namun, Apple akan mengadakan acara pada 7 Mei - konferensi musim semi pertama dalam sejarah perusahaan tersebut. CEO Tim Cook telah memposting teaser animasi yang misterius untuk acara tersebut, yang telah dikonfirmasi akan disiarkan secara online.

Animasi tersebut menampilkan logo Apple yang digambar dengan berbagai warna cerah dan gaya artistik, termasuk satu dengan tangan yang memegang stylus. Acara tersebut akan disiarkan secara online di Apple TV dan situs web Apple mulai pukul 10 pagi waktu Eastern Time (3 sore waktu BST) pada tanggal 7 Mei.

Meskipun perusahaan belum mengonfirmasi produk baru apa yang akan diumumkan, rumor-rumor sedang beredar secara online. Menurut informasi dari sumber terpercaya Apple, Mark Gurman, perusahaan akan mengumumkan beberapa model iPad baru, termasuk Pro dengan layar OLED baru yang mengagumkan.

Layar OLED - yang memberikan kualitas gambar yang lebih baik - telah digunakan pada iPhone sejak tahun 2017 tetapi belum diaplikasikan pada iPad.

Rumor ini juga disokong oleh MacRumors, yang melaporkan bahwa dua model iPad Pro dengan layar OLED dan dua model iPad Air akan diumumkan.

Ini akan menjadi iPad baru pertama sejak tahun 2022 dan menandai masa tunggu terpanjang untuk iPad baru dalam sejarah perusahaan.

Selain itu, akan ada Apple Pencil dengan gerakan pencet untuk tindakan tertentu dan Magic Keyboard baru (keyboard komputer nirkabel dari Apple), tambah MacRumors.