Ukraina Memperkenalkan Juru Bicara AI untuk Informasi Perang melawan Invasi Rusia

JAKARTA - Pemerintah Ukraina telah memperkenalkan seorang juru bicara AI untuk memberikan informasi tentang upaya perang mereka melawan invasi Rusia terhadap negara tersebut.

Juru bicara AI tersebut bernama Victoria Shi – diambil dari 'kemenangan' dan singkatan Ukraina untuk 'kecerdasan buatan' – didasarkan pada kemiripan penyanyi dan influencer Ukraina, Rosalie Nombre, yang setuju untuk berpartisipasi secara pro bono dalam program ini.

Avatar ini berpakaian hitam dengan pin bendera Ukraina, rambut terikat ke belakang, dan mengenakan anting-anting berhias - namun pejabat menekankan bahwa sosok digital dan Nombre 'adalah dua orang yang berbeda'.

Dalam video yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri (MFA), Shi memperkenalkan dirinya sendiri dan menjelaskan peran serta fungsi kerjanya, dan mengatakan bahwa dia dibuat untuk melindungi 'hak dan kepentingan warga Ukraina di luar negeri.'

“Keputusan untuk menambahkan juru bicara AI MFA bukanlah keputusan tiba-tiba, tetapi merupakan kebutuhan dari upaya perang,” kata Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, dalam pernyataannya.

“Sebagaimana kita ketahui,” katanya, “untuk mencapai hasil yang diperlukan bagi negara, diperlukan percepatan semua proses dan menjadi satu langkah di depan.”

Berbicara tentang perannya sebagai perwakilan MFA Ukraina, Shi mengatakan dalam pesan videonya: “Tugas saya akan melaporkan informasi operasional dan terverifikasi dari departemen konsuler MFA Ukraina kepada publik.”

“Saya akan memberitahu jurnalis tentang berita-berita terkait pekerjaan konsul dalam melindungi hak dan kepentingan warga Ukraina di luar negeri, merespons insiden atau situasi darurat, dan berita lainnya,” kata Shi.

Ukraina juga menggunakan AI dalam area lain dari upaya perangnya termasuk dalam menemukan ranjau darat, mengidentifikasi kejahatan perang, dan merelokasi warga yang terdisplasemen.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, bertemu dengan pemilik perusahaan AI Palantir pada tahun 2022 dan sejak itu menggunakan perangkat lunak analitik data AI-nya untuk upaya perang.

MFA telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi Shi dari peretas atau pemalsuan digital dengan menempatkan kode QR di bagian bawah setiap video yang akan langsung mengarahkan pemirsa ke versi teks pernyataan tersebut di situs web resmi pemerintah.

Jika tidak ada kode QR pada video, MFA memperingatkan bahwa video tersebut tidak dianggap otentik, tetapi  juga menjelaskan bahwa Shi bukan pengganti dari juru bicara manusia MFA Ukraina.