Alasan di Balik Keputusan Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, resmi mendapat perpanjangan kontrak kerja hingga 2027.

Keputusan memperpanjang kerja sama itu bukan cuma soal kinerja sang pelatih. Erick Thohir selaku Ketua Umum (Ketum) PSSI menyatakan keputusan itu dibuat karena peta jalan (road map) Timnas Indonesia.

"Ya, saya komitmen (memperpanjang kontrak PSSI dengan Shin Tae-yong). Apalagi dalam kesepakatan terakhir, yakni harus mencapai target 16 besar Piala Asia 2023 dan perempat final Piala Asia U-23 2024, coach Shin bisa mencapainya," kata Erick Thohir dalam keterangan dikutip pada Kamis, 25 April 2024.

"Jadi, kita lanjutkan kerja sama antara PSSI dan coach Shin," tuturnya.

Kata Erick Thohir, keputusan untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong memang sejalan dengan kebutuhan membangun Timnas Indonesia yang kuat dan berprestasi. Poin tersebut masuk dalam rancangan peta jalan Timnas Indonesia hingga 2027.

Ketum PSSI itu juga mengatakan bahwa saat ini sepak bola Indonesia tengah mengalami perkembangan pesat. Terlihat dari generasi emas sepak bola saat ini dengan hadirnya para pemain bertalenta yang masih berusia muda.

"Saat ini, kita tengah memiliki generasi emas sepak bola Indonesia. Kita punya para pemain berusia muda, yang secara skill dan mental bisa bersaing di level Asia dan internasional."

"Apalagi kesempatan bagi mereka sangat besar untuk melangkah lebih jauh. Ini harus dijaga sekaligus dipersiapkan penerusnya dalam waktu yang singkat," tutur Erick.

Kontrak Shin Tae-yong sebelumnya berakhir pada Desember 2023. PSSI lalu memperpanjang kontrak jangka pendek untuk pelatih asal Korea Selatan itu selama enam bulan dengan target meloloskan dua tim nasional, Timnas Indonesia senior dan U-23 ke babak gugur Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024 yang sama-sama dimainkan di Qatar.

Dua syarat di atas rupanya mampu dilampaui Shin Tae-yong yang dengan kata lain memenuhi target. Pelatih 53 tahun itu pun dipastikan tetap menangani tim Merah-Putih hingga 2027.