Pengamat: Korea Selatan U-23 Punya Karakter, tapi Indonesia U-23 Berpeluang Bikin Kejutan
Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Pertemuan itu akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar pada Jumat, 26 April 2024, dini hari WIB.

Laga ini menjadi tak biasa di sisi pelatih, Shin Tae-yong. Pasalnya, ia mesti mengawal tim menghadapi lawan yang merupakan negara tempatnya berasal.

Meski bukan laga mudah, Timnas Indonesia U-23 diyakini punya peluang besar untuk membuat kejutan lewat kemenangan dari Taeguk Warriors.

Kayakinan itu dilontarkan pengamat sepak bola, Maruf El Rumi. Dari sudut pandangnya, Korea Selatan U-23 memang merupakan tim yang lebih kuat dan memiliki karakteristik berbeda dalam ketenangan mengolah si kulit bundar.

Namun, performa Garuda Muda, jika berkaca dari laga sebelumnya, juga membuka peluang untuk bersaing sengit.

"Korea Selatan U-23 punya ketenangan dan pengalaman, tetapi saya pikir apa yang diperlihatkan oleh Timnas Indonesia U-23 di laga sebelumnya juga sudah memberikan bukti bahwa tim ini sangat siap untuk menghadapi siapa pun lawannya," kata Maruf El Rumi dalam keterangan saat dihubung pada Kamis, 25 April 2024.

"Jika melihat ketika mereka (Timnas Indonesia U-23) mengalahkan Australia U-23 jelas punya kualitas. Saat menundukkan Yordania U-23 jelas Garuda Muda punya kepercayaan diri."

"Itu sudah sangat jelas menjadi modal penting untuk menghadapi Korea Selatan U-23. Saya pikir tim ini bukan tim yang tidak bisa dikalahkan. Indonesia U-23 jelas punya potensi untuk mengalahkan mereka (Korea Selatan U-23) di fase gugur," tuturnya.

Lebih lanjut, Maruf juga berharap pencapaian yang telah dilalui di laga-laga sebelumnya bisa menjadi pembelajaran positif agar Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bermain lebih baik lagi tanpa cela atau kesalahan. Ia juga mengharapkan Garuda Muda mampu memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Tak kalah penting, Maruf pun menekankan agar Timnas Indonesia U-23 tidak perlu merasa takut saat menghadapi Korea Selatan U-23.

Justru pertemuan ini mestinya jadi ajang tepat untuk menunjukkan penampilan terbaik dalam pertandingan.

"Yang penting ialah bagaimana tim ini juga tidak perlu merasa takut ketika menghadapi Korea Selatan U-23. Namun, yang perlu diperlihatkan ialah bagaimana penampilan terbaik dari pertandingannya," katanya.