Tips Memperbaiki Google Maps yang Berhenti Berfungsi

JAKARTA – Google Maps merupakan teman perjalanan yang penting karena aplikasi ini bisa mendampingi Anda ke mana pun. Saat Anda tersesat dan tidak menemukan jalan, Google Maps akan memberikan arahan.

Oleh karena itu, Maps yang tidak berfungsi akan menjadi masalah yang sangat besar. Jika hal ini sedang terjadi pada aplikasi Maps yang biasa Anda gunakan, ada cara untuk memperbaikinya. Berikut ini yang bisa Anda lakukan, mengutip dari Makeuseof.

Reboot dan Periksa Aplikasi

Saat Google Maps tidak berfungsi, Anda bisa melakukan hal sederhana seperti me-reboot perangkat. Cara ini terkadang cukup efektif untuk dilakukan. Namun, jika opsi reboot tidak membawa perubahan, Anda harus memeriksa aplikasinya.

Cari tahu apakah perangkat Anda terhubung ke internet dan apakah konektivitas jaringan Anda berjalan dengan lancar. Jika Anda menggunakan VPN, coba untuk matikan VPN sementara waktu dan nyalakan kembali setelah perangkatnya aktif.

Pastikan Layanan Lokasi Akfif

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan layanan lokasi di perangkat Anda aktif. Untuk memeriksanya di iPhone, Anda bisa membuka Pengaturan, ketuk Privasi dan Keamanan, lalu klik toggle button di opsi Layanan Lokasi.

Berikutnya, cari Google Maps di deretan aplikasi, kemudian aktifkan opsi Saat Menggunakan Aplikasi atau Selalu. Cara ini tidak akan berfungsi di ponsel Android karena kedua perangkat memiliki user interface atau tampilan yang berbeda

Khusus untuk Android, Anda hanya perlu menekan aplikasi Google Maps cukup lama di layar utama. Setelah itu, klik informasi perangkat dan cari pengaturan izin, kemudian cek apakah Google Maps sudah mengaktifkan izin lokasi dengan benar.