Gol Witan Sulaeman Masuk Nominasi Gol Terbaik Fase Grup Piala Asia U-23 2024

JAKARTA - Gol Witan Sulaeman ke gawang Yordania U-23 masuk nominasi Gol Terbaik Fase Grup Piala Asia U-23 2024.

Witan bersanding dengan tujuh pemain lain, yaitu Ahmed Al Rawi (Qatar U-23), Aiman Yahya (Arab Saudi U-23), Abdullah Al Yazidi (Qatar U-23), Alibek Davronov (Uzbekistan U-23), Ruslan Khailoev (Tajikistan U-23), Nguyen Van Tung (Vietnam U-23), dan Khuat Van Khang (Vietnam U-23).

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menentukan siapa peraih Gol Terbaik Fase Grup Piala Asia U-23 2024 melalui voting.

Pemungutan suara bisa melalui laman resmi AFC dengan link ini.

Gol Witan terjadi pada menit ke-40 saat Indonesia U-23 tengah unggul 1-0 atas Yordania U-23.

Bermula dari aksi Marselino Ferdinan yang sedang menyisir lini kedua. Dia kemudian pelahan merangsek ke garis pertahanan Yordania U-23 sebelum melepas operan pendek ke Rizky Ridho.

Skema operan pendek cepat satu sentuhan itu berujung umpan terobosan kepada Witan Sulaeman.

Sang penyerang langsung melepas tembakan placing melengkung tanpa kontrol ke tiang jauh gawang Yordania U-23. Tendangan itu berbuah gol kedua lantaran kiper Ahmad Juaidi gagal menjangkau bola.

Berikut nominasi Gol Terbaik Fase Grup Piala Asia U-23 2024.

1. Witan Sulaeman (Indonesia U-23)

Menit: 40

Grup A: Yordania U-23 vs Indonesia U-23

Memimpin 1-0, Indonesia U-23 menunjukkan kelasnya melalui gol kedua lima menit jelang babak pertama berakhir. Marselino Ferdinan menggulirkan bola ke Rizky Ridho yang memberikan umpan first-time kepada Witan Sulaeman untuk melepaskan tendangan melengkung indah melewati kiper Ahmad Juaidi.

2. Ahmed Al Rawi (Qatar U-23)

Menit: 54

Grup A: Qatar U-23 vs Indonesia U-23

Saat timnya unggul 1-0 dan Indonesia U-23 mengancam untuk menyamakan kedudukan, Ahmed Al Rawi menjadi pahlawan bagi Qatar U-23 ketika ia melepaskan tendangan bebas yang tak terhentikan Ernando Ari untuk memberi tuan rumah kemenangan 2-0 di pertandingan pembuka mereka.

3. Ruslan Khailoev (Tajikistan U-23)

Menit: 23

Grup C: Arab Saudi U-23 vs Tajikistan U-23

Tertinggal 0-1, Tajikistan bangkit untuk menyamakan kedudukan melalui gol yang dirancang dengan sangat baik. Menggerakkan bola dari kanan ke kiri, lalu umpan Amadoni Kamalov disambar oleh Ruslan Khailoev yang mengarah ke pojok atas.

4. Aiman Yahya (Arab Saudi U-23)

Menit: 61

Grup C: Arab Saudi U-23 vs Tajikistan U-23

Arab Saudi U-23 melakukan terobosan cepat di sisi kanan. Umpan silang yang dihasilkan Manuchehr Safarov, jatuh ke kaki Aiman Yahya yang sempat mengontrol bola sebelum melepas tembakan dari luar kotak penalti.

5. Nguyen Van Tung (Vietnam U-23)

Menit: 45+2

Grup D: Vietnam U-23 vs Kuwait U-23

Sebuah gol yang layak untuk memecahkan kebuntuan. Umpan Nguyen Van Truong yang membelah pertahanan membuat tiga pemain bertahan Kuwait U-23 hanya terdiam. Nguyen Van Tung mengatur larinya dengan sempurna untuk menyelesaikannya dengan santai menggunakan bagian luar kakinya.

6. Abdullah Al Yazidi (Qatar U-23)

Menit: 40

Grup A: Yordania U-23 vs Qatar U-23

Itu adalah gol yang memiliki kecerdikan. Dimulai dari keputusan Khaled Ali yang menunggu Abdullah Al Yazidi yang tengah menguasai bola bergerak maju di belakangnya.

Al Yazidi lalu punya peluang memberi umpan silang kepada Khaled Ali, tetapi sang bek ternyata punya ide lain.

Melihat Ahmad Al Juaidi keluar dari posisinya, Al Yazidi malah langsung melepaskan tembakan di antara kiper dan tiang dekat.

7. Khuat Van Khang (Vietnam U-23)

Menit: 39

Grup D: Malaysia U-23 vs Vietnam U-23

Tepat ketika pertandingan tampak seperti akan berakhir tanpa gol, Khuat Van Khang datang dengan solusi untuk Vietnam U-23. Tendangan bebas kaki kirinya meluncur deras ke sudut atas melewati kiper Malaysia Azim Al Amin.

8. Alibek Davronov (Uzbekistan U-23)

Menit: 32

Grup D: Kuwait U-23 vs Uzbekistan U-23

Tim Serigala Putih sedang mencari mangsa, tapi dengan pertahanan Kuwait U-23 yang kokoh, sesuatu yang istimewa diperlukan untuk memecah kebuntuan. Hal itu terjadi melalui sundulan luar biasa Alibek Davronov yang memanfaatkan umpan silang Muhammadkodir Hamraliev.