Swiss Bakal Masukkan Bitcoin dalam Cadangan Nasional

JAKARTA - Sejumlah penggemar Bitcoin telah mengusulkan agar Bank Nasional Swiss (SNB) secara resmi memasukkan Bitcoin (BTC) ke dalam cadangan emasnya yang legendaris. Mereka telah memulai upaya referendum untuk menyesuaikan konstitusi Swiss, dengan tujuan yang jelas: menyandingkan Bitcoin dengan emas sebagai aset cadangan negara.

Menurut laporan dari Neue Zürcher Zeitung (NZZ), konstitusi Swiss saat ini mengamanatkan SNB untuk menciptakan cadangan mata uang dari pendapatannya, dengan sebagian besar disimpan dalam emas.

Namun, organisasi nirlaba 2B4CH, yang dipimpin oleh Yves Bennaïm, ingin melihat perubahan pada artikel konstitusional yang relevan, sehingga berbunyi "Emas dan Bitcoin". Bennaïm menyatakan, "Kami sedang dalam proses menyelesaikan persiapan organisasi untuk komite dan mempersiapkan dokumen yang harus diserahkan ke Kanselir Negara untuk memulai proses."

Untuk mewujudkan visi ini, 2B4CH harus mengumpulkan 100.000 tanda tangan dari warga negara dalam waktu 18 bulan untuk memicu referendum. Ini bukanlah upaya pertama mereka; pada tahun 2021, 2B4CH telah mencoba inisiatif serupa, meskipun dengan sedikit harapan untuk melihatnya menjadi undang-undang. Namun, mereka tetap optimis bahwa mendapatkan 100 ribu tanda tangan akan memicu diskusi dan debat publik yang penting.

Luzius Meisser, Presiden platform perdagangan Bitcoin Suisse, percaya bahwa langkah ini akan memungkinkan Swiss untuk beroperasi secara independen dari Bank Sentral Eropa (ECB). Meisser, yang mendukung Bennaïm, akan memiliki kesempatan selama 3 menit untuk mempresentasikan argumen mereka di depan SNB pada pertemuan yang dijadwalkan pada 26 April.

Laporan NZZ menunjukkan bahwa Meisser sebelumnya telah mendesak SNB untuk mengalokasikan 1 miliar franc Swiss (sekitar 1,1 miliar dolar AS atau Rp17,9 triliun) setiap bulan untuk Bitcoin sebagai alternatif dari obligasi pemerintah Jerman pada pertemuan umum 2022. Meisser berargumen bahwa jika SNB mengikuti saran tersebut, Swiss akan lebih kaya sebesar  32,9 miliar dolar AS (sekitar 30 miliar franc Swiss atau Rp487,9 triliun) saat ini.

Dia juga memperingatkan bahwa penundaan dalam mengambil langkah ini bisa merugikan Swiss, karena bank sentral lain mungkin akan membeli Bitcoin dan meninggalkan Swiss untuk membeli aset tersebut dengan harga yang lebih tinggi nantinya.

Meskipun upaya saat ini mungkin tidak berhasil, Bennaïm dan Meisser telah menciptakan kesadaran yang signifikan tentang Bitcoin dan potensi penggunaannya. Bahkan jika mereka gagal lagi, pidato Meisser yang akan datang di SNB diharapkan cukup kuat untuk menjaga percakapan tentang Bitcoin tetap berlangsung.

Pada tahun 2022, Ketua SNB Thomas Jordan menyatakan bahwa Bitcoin tidak memenuhi kriteria sebagai cadangan mata uang, sehingga SNB memutuskan untuk tidak memasukkan Bitcoin dalam neraca mereka. Namun, Jordan juga menyebutkan bahwa membeli Bitcoin bukanlah masalah bagi SNB, yang bisa dilakukan secara langsung atau melalui produk investasi yang berbasis Bitcoin.