7 Cara Mengatasi Fotocopy tidak ada Hasil

YOGYAKARTA – Sebagian di antara kita mungkin pernah mendapatkan hasil fotocopy blank putih saat sedang menggandakan dokumen. Jika mesin fotocopy hanya mengeluarkan kertas putih saja, bisa jadi itu merupakan pertanda adanya masalah pada komponen mesin. Nah, artikel berikut ini akan membahas cara mengatasi fotocopy tidak ada hasil. Mari simak penjelasannya!

Cara Mengatasi Fotocopy tidak Ada Hasil

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 22 April 2024, berikut ini adalah cara mengatasi fotocopy tidak ada hasil:

1. Periksa laci mesin fotocopy

Salah satu penyebab fotocopy tidak ada hasil adalah kertas yang bertumpuk di laci mesin fotocopy. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengipaskan kertas secara menyeluruh dan menyejajarkan tepi tumpukan dengan tepat agar seluruh kertas rata ketika diletakkan di laci mesin fotocopy.

2. Cek cartridge

Hasil fotocopy blank putih juga bisa sebabkan oleh cartridge yang masih tersegel. Kondisi ini dapat terjadi setelah mengganti cartridge dengan yang baru. Tak sedikit pengguna mesin fotocopy yang lupa untuk melepas pita di atasnya, sehingga cartridge tidak dapat mengalirkan toner ketika proses fotocopy.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup keluarka cartridge dari mesin fotocopy dan tariik selotip lalu pasang kembali.

3. Periksa soket dan transfer separator corona

Komponen lain yang perlu diperiksa ketika hasil fotocopy blank putih adalah soket dan transfer separator corona. Dua komponen ini berada di laci satu.

Transfer separator corona perlu dibersihkan dengan alkohol untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran lainnya yang menempel. Cek juga apakah komponen ini dalam keadaan baik.

Ada banyak kasus di mana soket ini patah, tetapi tidak terdeteksi. Oleh sebab itu, ada periksa bagian soketnya.

4. Lihat lampu eksposur

Berikutnya, Anda bisa memeriksa lampu eksposur ketika mesin fotocopy tidak ada hasil atau hanya mengeluarkan kertas blank putih.

Apabila lampu eksposur mati, maka ini bisa jadi pertanda awal adanya kerusakan pada komponen mesin fotocopy.

Untuk memeriksa lampu eksposur, Anda hanya perlu membuka wiper blade. Bila wiper blade tidak dibuka, maka akan sulit bagi Anda untuk melihat lampu exposure.

5. Periksa primary charging

Cara mengatasi fotocopy tidak ada hasil yang selanjutnya adalah memeriksa primary charging. Ini dilakukan ketika Anda melihat notifikasi eror pada layar mesin fotocopy.

Primary charging terletak di atas bagian drum, jadi Anda bisa membukaa drum terlebih dahulu untuk bisa memeriksa primary charging dengan baik. Ketika sudah dibongkar, Anda bisa membersihkan bagian tersebut dengan kain microfiber dan alkohol. Pastikan semua bagian terpasang dengan baik agar mesin bisa berkeja dengan optimal.

6. Periksa komponen high voltage trasformer

High VoltageTransformer (HVT) adalah komponen yang berfungsi mengalirkan arus ke komponen lain di dalam mesin fotocopy. HVT yang tidak bekerja tidak baik bisa menyebabkan hasil fotocopy blank.

Jika hal ini terjadi, solusinya cuma satu, yakni mengganti HVT yang rusak dengan komponen yang baru.

7. Periksa magnet developing

Di dalam magnet developing, terdapat magnet roll yang bertugas memastikan tinta atau toner menempel dengan baik. Bila magnet roll terlihat mulai terkikis, toner tidak akan bekerja dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti komponen ini dengan yang baru agar mesin fotocopy tidak lagi menghasilkan kertas blank putih.

Demikian informasi tentang cara mengatasi fotocopy tidak ada hasil. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.