Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak yang bingung dengan bagaimana cara mengatasi mesin fotocopy error. Nah, kali ini kita akan membahasnya di sini, simak sampai kelar ya!

Siapa sih orang yang tak jengkel bila mesin fotocopynya mendapat pesan “error” saat mau menduplikasi dokumen dengan cepat? Lantas cara apa yang mesti kita ambil ketika mengalami masalah serius seperti ini?

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Error

I. Perhatikan Kode Error yang Tertera di Mesin

Pada saat terjadi suatu error, mesin tidak bakal membiarkan Kalian bingung buat mengambil langkah berikutnya. Sebagian merk mesin fotocopy bakal memberitahukan kerusakan ataupun kesalahan yang terjadi dalam wujud kode. Kalian wajib dapat membaca kode ini serta menciptakan solusinya pada manual pengguna. Baca dengan teliti serta perhatikan langkah apa yang wajib diambil. Jangan sampai Kalian salah sebab dapat memperburuk kerusakan yang telah terjadi.

Untuk contoh kodenya, kita bakal ambil beberapa kode dari mesin fotocopy Canon. Kode berikut ini bakal muncul bila mesin mengalami permasalahan tertentu. Beberapa kode error yang bakal umum ditemukan pada mesin fotocopy merek ini yaitu:

#009

Kode bakal muncul pada saat ada permasalahan pada jumlah serta posisi kertas di dalam mesin. Kode ini bakal timbul bila kertas habis ataupun bila posisi kertas yang dimasukkan ke mesin kurang cocok. Buat mengatasinya, isi mesin dengan kertas baru ataupun perbaiki posisi kertas di dalam mesin fotocopy.

#860

Kode ini bakal timbul saat terdapat kertas yang tersangkut pada saat proses penyalinan berlangsung. Error ini pula bakal timbul pada saat Kalian menyalin lembar kertas transparan yang tidak dapat terbaca oleh mesin. Keluarkan kertas yang tersangkut serta kemudian ulangi proses penyalinan dokumen. Bila permasalahan ini timbul akibat pemakaian kertas transparan, maka lekas ganti kertas di mesin dengan kertas transparan khusus buat mesin Canon.

#401

Kode ini bakal timbul pada saat Kalian tidak memakai ukuran kertas yang pas sehingga ruang pada kertas tidak memadai buat menyalin dokumen. Saat proses penyalinan berlangsung, mesin bakal menyudahi bekerja sebab tidak terdapat ruang yang tersisa buat mencetak dokumen. Pastikan Kalian menyamakan format kertas pada dokumen yang hendak dicetak.

II. Coba Atur Ulang Mesin

Kadang-kadang mesin fotocopy bisa menghasilkan kode error palsu. Setel ulang mesin dengan mematikannya kemudian hidupkan kembali memakai saklar daya utama yang umumnya terletak di dalam pintu depan di sudut kiri bawah. Pada sebagian mesin fotocopy yang lebih kecil, sakelar daya utama terletak secara eksternal di panel sisi kiri mesin.

Pakai prosedur berikut buat membetulkan kode error pada printer ataupun mesin fotokopi Kalian.

  1. Matikan mesin memakai kedua sakelar.
  2. Mula-mula, matikan sakelar Sub pada Panel Kontrol.
  3. Tunggu sampai lampu tombol Mulai mati, kemudian matikan sakelar Utama.
  4. Tunggu 20 detik setelah itu hidupkan sakelar Utama, serta setelah itu sakelar Sub.

Pada sebagian besar mesin fotocopy yang lebih baru, Kalian wajib menunggu hingga lampu LED kecil oleh saklar daya pada panel kontrol berubah jadi hijau, kemudian nyalakan kembali saklar itu. Bila prosedur ini mengatur ulang kode, Kalian bisa terus memakai mesin fotocopy. Bila tidak, Kalian perlu membetulkan mesin fotocopy.

Reset error Kalian pula bisa menanggulangi permasalahan ini dengan cara reset error. Misalnya bila mesin fotocopy Kalian alami error ringan semacam E001, metode Clear Error dapat digunakan. Kalian dapat memakai solusi ini apabila memakai mesin fotocopy Canon IR. Triknya pula cukup gampang, Kalian cuma perlu masuk ke Service Mode pada sistem mesin fotocopy.

Langkah-langkah Reset Error yang perlu Kalian lakukan di antaranya yaitu:

  1. Masuk ke program Service Mode.
  2. Tekan Copier.
  3. Tekan Function
  4. Tekan Clear.
  5. Tekan ERR.
  6. Tekan OK.
  7. Matikan mesin fotocopy dari saklar ON/OFF.
  8. Setelah itu tunggu beberapa saat sebelum hidupkan kembali mesin fotocopy.

III. Serahkan Pada Teknisi Mesin Fotocopy

Bila error yang terjadi berkaitan erat dengan komponen dari mesin, maka ada baiknya Kalian tidak mencoba buat memperbaikinya sendiri. Kemampuan menanggulangi mesin fotocopy bakal sangat diperlukan bila wajib berurusan dengan komponen-komponen di dalam mesin. Biarkan ahlinya yang menanggulangi supaya tidak terjadi permasalahan yang baru di kemudian hari.

Selain itu baca juga: “Penyebab dan Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Bercak Hitam” sebagai masalah yang kerap dialami juga.

Jadi setelah mengetahui cara mengatasi mesin fotocopy error, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!