Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu masalah yang sering terjadi ketika mencetak ulang dokumen dengan mesin fotocopy adalah hasil fotocopy memiliki bercak hitam. Hal ini dapat menyulitkan seseorang yang ingin membaca dokumen tersebut. Tak hanya itu, bercak hitam pada hasil fotocopy juga menjadi penanda adanya kerusakan pada mesin fotocopy.

Lantas, apa penyebab munculnya bercak hitam pada hasil fotocopy? Bagaimana cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

Penyebab Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 20 April 2024, setidaknya ada empat hal yang menyebabkan hasil fotocopy memiliki bercak hitam, di antaranya:

1. Kondisi mesin fotocopy kotor

Penyebab hasil fotocopy bercak hitam yang pertama adalah mesin fotocopy kotor atau berdebu.

Debu atau kotoran dapat menempel di area pencetakan dan mengganggu proses cetak. Bila hal ini tidak diatasi, dokumen yang dicetak akan memiliki bercak hitam.

Debu atau kotoran dalam mesin fotocopy biasanya terjadi akibat kurangnya pemeliharan atau kebersihan pada mesin tersebut.

2. Salah menggunakan kertas

Salah menggunakan kertas juga bisa jadi penyebab hasil fotocopy memiliki bercak hitam. Misalnya, sebuah mesin fotocopy diatur menggunakan kertas dengan ketebalan 80 gsm, akan tetapi Anda menggunakan kertas dengan ketebalan 200 gsm. Maka yang terjadi adalah mesin tidak dapat mencapai titik panas maksimal dan memunculkan bercak hitam pada hasil fotocopy.

3. Jenis toner tidak sesuai spesifikasi mesin

Penyebab hasil fotocopy bercak hitam yang berikutnya adalah jenis toner tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Kualitas toner yang rendah bisa memengaruhi kualitas hasil akhir cetakan.

Tak hanya itu, kondisi toner yang terlalu penuh atau tinta didepositkan di satu area dokumen juga dapat menghasilkan bercak hitam pada hasil fotocopy.

4. Ada benda asing di bagian mesin fotocopy

Adanya benda asing pada beberapa bagian mesin fotocopy juga bisa menyebabkan hasil fotocopy bercak hitam. Misalnya, lem, paper clip, staples, dan perekat kertas lainnya yang mungkin tertempel, terutama pada bagian kaca atau drum mesin fotocopy ketika melakukan proses penggandaan dokumen.

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam berdasarkan penyebabnya.

1. Rutin merawat dan membersihkan mesin

Bila hasil fotocopy bercak hitam disebabkan oleh kondisi mesin yang kotor, maka cara untuk mengatasinya adalah rutin melakukan service dan membersihkan mesin fotocopy secara berkala.

Anda tidak akan rugi bila menyediakan anggaran perawatan rutin pada mesin fotocopy, justruk bakal ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah peforma mesin tetap prima dalam waktu yang lama.

2. Gunakan kertas yang sesuai dengan spesifikasi mesin fotocopy

Ketika ingin menggandakan dokumen, gunakan kertas berkualitas baik dan sesuai dengan spesifikasi mesin fotocopy.

Kertas berkualitas baik dapat menyerap tinta atau toner dengan merata. Toner yang tersebar secara merata di atas kertas akan membuat cetakan menjadi lebih jelas dan mengurangi kemungkinan munculnya bercak hitam pada hasil fotocopy.

3. Mengganti toner secara berkala

Kualitas toner yang baik akan mengjasilkan cetakan yang optimal. selain itu, perhatikan pula kondisi toner. Jangan sampai toner berada dalam kondisi yang terlalu penuh agar dapat menghindari hasil fotocopy bercak hitam.

4. Periksa kondisi cleaning blade dan drum fotocopy

Cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam yang terakhir adalah memeriksa kondisi cleaning blade.

Blade pembersih perlu diperiksa kondisinya secara rutin untuk memastikan perangkat tersebut tidak aus atau rusak. Bila kondisinya sudah aus, segera ganti dengan yang baru agar proses pembersihkan toner pada drum pencetak berjalan dengan optimal dan menghindari hasil fotocopy bercak hitam.

Tidak cukup sampai disitu, periksa juga kondisi drum pada mesin fotocopy. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel dan kebocoran toner di sekitar drum pencetak. Bila Anda menemukan kotoran, segera bersihkan dengan kain microfiber.

Demikian informasi tentang cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.