Sebelum Indonesia, Hyundai Santa Fe Generasi Kelima Sapa Pasar Inggris

JAKARTA - Usai diluncurkan secara global Agustus tahun lalu, Hyundai Santa Fe generasi terbaru menyapa pasar Inggris dengan menawarkan desain radikal atau jauh berbeda dari sebelumnya.

Executive Vice President and Head of Hyundai Global Design Centre SangYup Lee, mengatakan SUV tersebut terinspirasi dari keseimbangan antara kehidupan kota dan alam bebas sehingga cocok bagi segala kegunaan baik keluarga hingga petualangan berkemah.

“Dengan jarak sumbu roda lebih panjang, interior yang lapang, dan ruang bagasi yang menyerupai teras, Santa Fe baru mengandalkan kekuatan SUV-nya untuk menawarkan keserbagunaan lebih dari sebelumnya serta pengalaman pelanggan premium,” kata Lee dilansir dari Autocar, Jumat, 19 April.

Memiliki proporsi desain yang serupa dengan Land Rover dan Jeep 4x4, SUV ini memiliki kesan yang tangguh dan kaku. Hyundai juga melakukan kombinasi pendekatan Ioniq 5 yang kuat dan bahasa modern dari Ioniq 6.

Bagian depan juga diperbarui dengan grill dibuat lebih kecil dan memanjang, serta menyambung dengan lampu depan terbaru dengan pola "H" sebagai simbol bahwa ini merupakan mobil dari Hyundai.

Bagian samping memiliki tingkat kekakuan yang tinggi dibandingkan generasi sebelumnya dengan pelek 21 inci menampilkan logo “H” miring khas Hyundai.

Bagian belakang juga mengalami perubahan yang masif dengan kekakuannya dengan lampu belakang yang ditempatkan pada bagian dekat bemper yang juga menampilkan huruf "H".

Ruang kabin Santa Fe juga diperbarui dengan menawarkan kelegaan tiga baris yang membuat mobil ini dapat diandalkan membawa banyak barang. Kabin juga dilengkapi teknologi terkini dengan menawarkan Panoramic Curved Display dan pengisian daya ganda nirkabel. Curved display tersebut telah terhubung dengan digital cluster 12,3 inci, sistem infotainmen,  yang meningkatkan visibilitas ketika mengemudikan mobil.

Di pasar Britania, Santa Fe hadir dalam dua pilihan mesin, yang pertama ialah 1,6 liter turbo bensin hybrid dengan berpenggerak dua atau empat roda yang dapat memompa tenaga 209 dk dan torsi 367 Nm. Yang kedua ialah Plug-In Hybrid (PHEV) yang tersedia dalam empat roda saja, memproduksi tenaga hingga 246 dk dan torsi 367 Nm.

Selain itu, pesaing dari Kia Sorento dan BMW X5 ini ditawarkan dengan dengan tiga trim berbeda, yang pertama ialah Premium seharga 46.775 poundsterling (Rp944,1 jutaan), Ultimate senilai 50.275 poundsterling (Rp1 miliaran), dan Calligraphy dengan 52,775 poundsterling (Rp1,06 miliaran).

Selain Inggris, Indonesia juga akan menyambut Hyundai Santa Fe di industri otomotif tanah air. Ini dibuktikan dari tangkapan kamera mata-mata bahwa SUV tersebut terlihat lalu lalang di jalanan Indonesia dengan stiker kamuflase.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Franciscus Soerjopranoto, mengatakan bahwa pihaknya ingin menghadirkan Sante Fe terbaru tahun ini, namun semua tergantung dari hasil studinya.

"Inginnya seperti itu (meluncur tahun ini), tergantung dari hasil studi kami," kata pria yang akrab disapa Suryo ini ketika dihubungi VOI, Rabu lalu.

Tidak hanya Santa Fe, pabrikan dari Korea Selatan ini berencana meluncurkan enam model terbaru untuk pasar Indonesia pada tahun ini dengan tiga telah tiba lebih dulu dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yaitu Ioniq 5 Batik, Kona Electric, dan Creta Alpha.