Makin Jernih, YouTube di Meta Quest Kini Mendukung Tayangan 8K

 

JAKARTA – YouTube meningkatkan resolusi tayangan aplikasi mereka di Meta Quest. Sebelumnya, resolusi maksimum yang dihadirkan hanya 4K, tetapi kini berubah menjadi 8K sehingga videonya menjadi lebih tajam.

Ditemukan pertama kali oleh Android Central, dukungan streaming 8K dalam format SDR telah ditambahkan ke aplikasi YouTube untuk Quest dengan versi 1.54. Resolusi ini bisa diterapkan ke seluruh video HDR yang diunggah dengan resolusi 8K.

Untuk menonton video dengan resolusi 8K, pengguna Quest hanya perlu membuka aplikasi YouTube dan mencari video apa pun. Setelah itu, ketuk ikon Pengaturan di bagian bawah video, ketuk menu Kualitas, lalu ubah resolusinya menjadi 4320p.

Jika resolusi tersebut tidak ada di dalam pilihan, maka video yang Anda lihat tidak mendukung HDR 8K. Anda bisa mencari video lainnya yang mendukung tayangan 8K atau tetap menggunakan opsi resolusi yang lebih rendah.

Sayangnya, tidak banyak konten yang mendukung penayangan 8K di platform tersebut. Kebanyakan video di YouTube hanya mendukung resolusi 4K atau 2160p. Resolusi ini sebenarnya sudah cukup jernih, tetapi tidak sebaik 8K.

Berdasarkan pengamatan Android Central, ada perbedaan kualitas yang sangat terlihat antara konten 4K dan 8K. Semakin tinggi resolusi yang dipilih, artefak kompresinya akan semakin minim. Oleh karena itu, konten 8K terlihat lebih mencolok.

Perlu diingat bahwa tampilan Meta Quest belum mendukung tayangan 4K dengan sangat baik, terlebih lagi jika Anda menggunakan konten 8K. Meski tayangannya memuaskan, tampilannya tidak akan setara dengan resolusi 8K di televisi.