Situs Web Google Drive Kini Bisa Beralih ke Mode Gelap

 

JAKARTA - Mode gelap merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna Google Drive. Fitur ini awalnya diuji di versi situs web pada pertengahan Maret lalu, tetapi kini sudah resmi diluncurkan.

Melalui halaman Pembaruan Workspace, Google mengumumkan bahwa mode gelap sedang diluncurkan ke situs web Google Drive. Menurut Google, fitur ini akan memberikan tampilan yang lebih nyaman saat pengguna mengakses Google Drive.

Saat mode gelap sudah tersedia, Google Drive akan menampilkan pesan yang bertuliskan, "Terus nikmati berkendara dalam kegelapan." Fitur ini tidak aktif secara default sehingga pengguna harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Untuk beralih ke tampilan yang lebih gelap, pengguna harus membuka Pengaturan dengan mengetuk ikon roda gigi di pojok kanan atas layar. Setelah itu, klik bagian Umum dan cari menu Tampilan untuk memilih antara mode gelap dan terang.

Saat mode gelap sudah aktif, halaman Google Drive akan berubah warna menjadi hitam. Sidebar, bilah pencarian, dan lainnya akan berwarna abu-abu gelap, sedangkan ikon dan folder akan berganti menjadi warna abu-abu yang lebih terang.

Mode gelap masih diluncurkan secara bertahap sejak 16 April. Google mengatakan bahwa fitur ini diluncurkan secara bertahap dalam waktu 15 hari. Jika peluncuran sudah selesai dilakukan, mode gelap bisa diakses oleh seluruh pengguna.

Fitur ini akan tersedia bagi pelanggan Google Workspace, Google Workspace Individual, dan akun Google pribadi. Artinya, jika Anda hanya pengguna akun Google biasa, Anda akan tetap mendapatkan akses untuk beralih ke mode gelap.