Tak Banyak Diusik, Ternyata Segini Kekayaan Oleksandr Usyk

JAKARTA – Oleksandr Usyk disebut-sebut sebagai petinju kelas berat terbaik saat ini. Tak lain karena pria asal Ukraina tersebut adalah juara kelas berat di empat badan tinju berbeda: WBA, IBF, WBO, dan IBO.

Sabuk juara yang dikuasai Usyk dapat bertambah lagi jika dia mampu mengalahkan Tyson Fury, sang juara versi WBC. Pertarungan Usyk vs Fury yang merupakan perebutan gelar juara dunia kelas berat sejati, bakal digelar di Riyadh, Arab Saudi pada 18 Mei 2024.

Jika menang tak hanya jumlah sabuk juara milik Usyk yang bakal bertambah, harta kekayaannya pun makin banyak. Soal kekayaan, Usyk memang tak banyak diusik-usik media. Namun bukan berarti jumlah harta yang dia miliki sedikit.

Menurut catatan Celebrity Net Worth, selama meniti karier sebagai petinju profesional sejak 2013, Usyk berhasil mengumpulkan bayaran hingga 56 juta dolar AS. Jumlah itu jika dirupiahkan, kira-kira Rp902 miliar!

Bayaran terbesar yang diterima Usyk adalah saat dia menghadapi Anthony Joshua dalam pertarungan rematch, yang digelar di Jeddah, Arab Saudi pada 20 Agustus 2022. Usyk dikabarkan mendapat sekitar 37 juta dolar AS atau hampir Rp600 miliar!

Empat tahun lalu Usyk masih tercatat sebagai petinju dengan bayaran di kisaran puluhan ribu dolar AS. Kini petinju berusia 37 tahun dengan rekor 21-0-0 (14 KO) itu adalah salah satu penerima bayaran terbesar dalam olahraga pertarungan.