Perincian Peningkatan Volume Lalin di Tol Astra Infra pada H-5 Lebaran

JAKARTA - Astra Infra Tol Cipali mencatat adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di tiga ruas Tol Astra Infra pada H-5 Lebaran 2024. Ketiga ruas yang dimaksud, yakni Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Tol Jombang-Mojokerto.

Untuk Tol Tangerang-Merak, tercatat ada 174.469 kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan itu. Jumlah tersebut naik sebesar 7,8 persen jika dibandingkan lalu lintas harian normal.

Lalu, untuk Tol Cipali, tercatat sebanyak 111.260 kendaraan melintasi ruas jalan tersebut. Angka ini meningkat hingga 92 persen jika dibandingkan lalu lintas harian normal.

Sementara ada 43.160 kendaraan yang melintas di ruas Tol Jombang-Mojokerto pada H-5 Lebaran 2024 atau naik sebesar 32 persen jika dibandingkan lalu lintas harian normal.

Head of Corporate Communications Astra Infra, Deddy Pradityo Opficon, mengatakan pihaknya siap memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk mengurai kepadatan saat arus mudik Lebaran 2024.

"Jadwal one way pertama akan dilangsungkan hingga Minggu, 7 April 2024, pukul 24.00 WIB. Selanjutnya, one way akan berlaku kembali pada 8 dan 9 April 2024 pukul 08.00-24.00 WIB."

"Adapun pemberlakuan ini bersifat situasional dan menyesuaikan dengan diskresi kepolisian," ujar Deddy dalam siaran persnya, Sabtu, 6 April 2024.

Sebagai langkah preventif dari kepadatan lalin, kata Deddy, pihaknya telah melakukan berbagai inisiatif dan imbauan yang ditujukan untuk para pemudik.

"Salah satunya ialah mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum berangkat, mulai dari kondisi pengemudi, kendaraan, hingga yang tak kalah penting memastikan saldo e-toll cukup untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat pengemudi yang kekurangan saldo e-toll di gerbang tol," kata Deddy.

Adapun Astra Infra telah membuat rangkuman estimasi tarif tol Golongan I bagi pemudik yang mengarah ke Jawa.

Perinciannya, bagi yang akan menempuh perjalanan laut ke Pulau Sumatera dari Pelabuhan Merak, tarif tol yang diestimasikan adalah sebesar Rp61.500 via Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak.

Jika pergi ke wisata Pantai Anyer, saldo e-toll yang perlu dipersiapkan sekitar Rp52.500.

Kemudian, untuk perjalanan ke Cirebon, estimasi tarif tol yang dibutuhkan sebesar Rp146.000 via Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan.

Bergeser ke Jawa Tengah, pengemudi harus mempersiapkan saldo e-toll sekitar Rp427.000 untuk sampai di Semarang dan sekitar Rp522.000 untuk sampai di Solo.

Sementara bagi pemudik yang hendak menuju Surabaya, harus mempersiapkan saldo e-toll sebanyak Rp832.000 via Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto.