Cuma Ngomong Doang, Tingkat Kepuasan Warga ke Anies Baswedan Jeblok di Survei, Jalan ke Pilpres 2024 Makin Berat

JAKARTA - Nusantara Strategic Network (NSN) mengeluarkan hasil survei tingkat kepuasan publik terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Hasilnya di luar prediksi, mengingat Anies mengklaim berhasil menangani banjir Jakarta.

NSN melakukan survei pada 20-27 Februari 2021 secara tatap muka dengan 400 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta.

Direktur Program NSN Riandi mengatakan, tingkat kepuasan publik terhadap Anies rendah dan hanya mencapai 39,3 persen."Tingkat kepuasan publik terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rendah sekali, di bawah 40 persen," kata Riandi dalam siaran pers dilansir Antara, Kamis, 4 Maret. 

Warga ibu kota yang merasa tidak puas sebanyak 51,5 persen. Sedangkan sisa yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebesar 9,2 persen. Hasil survei NSN cukup berbeda dengan LSI 

Dalam sejumlah survei calon presiden, nama Anies kerap bertengger di jajaran atas. Anies juga diyakini akan maju lagi untuk kedua kalinya jika pilkada jadi digelar pada 2022. Tetapi, kata Riandi, dengan kinerja yang buruk, Anies harus bekerja keras untuk bisa kembali menang.

"Sejak awal menjabat sebagai Gubernur, Anies tampak tidak mampu men-deliver program sebagaimana yang dilakukan kepala-kepala daerah lainnya," ujar Riandi.

Anies hanya berputar-putar pada narasi, yang memang menjadi keunggulan dalam mengatur kata-kata lewat media.

Terlebih, sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta yang dimotori Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berniat menggulirkan interpelasi soal banjir.

Dalam janji kampanyenya, kata dia, Anies mengusulkan naturalisasi sebagai alternatif normalisasi, tetapi banjir tetap menerjang ibu kota.

"Sisa waktu Anies untuk memperbaiki kinerjanya makin sempit sebelum habis periode pada tahun depan, apalagi jika jadwal pilkada dimundurkan pada 2024, peluang Anies makin tipis untuk berlaga di panggung politik nasional," kata Riandi.

Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error ±4,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.