Tak Sulit, Simak Dua Cara Menghubungkan MacBook ke Smart TV

JAKARTA – Berkembangnya teknologi di dunia membuat televisi menjadi jauh lebih canggih dari sebelumnya. Sekarang, banyak televisi yang diseb sebagai Smart TV karena bisa terhubung ke berbagai macam perangkat.

Banyak pengguna yang sudah tahu cara menghubungkan ponsel ke Smart TV, tetapi tidak dengan personal computer (PC) seperti MacBook. Jika Anda ingin menghubungkan MacBook ke Smart TV, berikut ini cara yang tepat untuk melakukannya.

Mengutip dari Makeuseof, Anda bisa menggunakan kabel penghubung yang sesuai dengan port kabel di televisi dan MacBook Anda. Jika MacBook Anda menggunakan port HDMI, Anda harus membeli kabel HDMI untuk sambungan langsung.

Namun, jika Anda hanya memiliki kabel USB-C dan tidak mau membeli kabel HDMI, Anda bisa membeli adaptor yang dapat menghubungkan kabel USB-C ke port untuk kabel HDMI. Kabel atau adaptor ini bisa ditemukan dengan mudah di online store.

Berikutnya, hubungkan MacBook ke Smart TV menggunakan fitur AirPlay jika televisi yang Anda mendukung fitur tersebut. Cara ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan membeli dan memasang kabel untuk menghubungkan dua perangkat.

Untuk menghubungkan MacBook ke Smart TV menggunakan AirPlay, pastikan bahwa jaringan Wi-Fi kedua perangkat sudah sama. Kemudian, buka Pusat Kontrol di MacBook Anda dan pilih menu Screen Mirroring.

Selanjutnya, pilih Apple TV atau jenis televisi Anda yang terlihat di dalam daftar. Setelah Anda masukkan empat digit kode yang terlihat di layar televisi, kedua perangkat sudah terhubung dan Anda bisa melihat aktivitas MacBook Anda di layar televisi.