Hindari Keluar Rumah dan Lakukan Aktivitas Ini

JAKARTA - Sejumlah sekolah, kantor, dan sejumlah fasilitas umum lainnya memberlakukan work from home (WFH) untuk menghindari penyebaran COVID-19 atau virus corona. Dengan waktu libur yang diberikan mencapai dua pekan, Anda tentu perlu memutar otak untuk melakukan pekerjaan di dalam rumah. Berikut VOI berikan beberapa alternatif kegiatan yang bisa Anda lalukan selama menjalani WFH.

Membaca buku bisa menjadi opsi utama yang disarankan jika Anda mengalami kebosanan di dalam rumah. Selain bisa menambah informasi, Anda bisa menemukan ide-ide baru lewat buku. Coba ingat-ingat, berapa banyak buku yang belum terbaca sejak awal dibeli? Di samping mengurus pekerjaan, Anda bisa meluangkan waktu untuk menyelesaikan buku.

Selain membaca, membersihkan rumah menjadi aktivitas yang sering dilupakan. Dengan segala kesibukan yang dialami para pekerja, seringkali kita kesulitan membereskan rumah. Kalaupun bisa, mungkin kita hanya bisa membereskan apa yang bisa kita jangkau.

Namun dengan adanya kesempatan ini, kita bisa mencicil untuk membereskan rumah seperti mensortir beberapa pakaian, berkas yang tidak terpakai, serta beberapa barang yang tidak berguna. Sejumlah penelitian juga mengungkap,  merapikan rumah bisa menghilangkan stres.

Selain sejumlah aktivitas di atas, Anda juga bisa memulai hal baru seperti memasak. Mobilitas pekerja yang diburu waktu sering menuntut orang untuk memilih makanan dari layanan pengiriman atau ride hailing. Dengan bekerja dari rumah, Anda bisa memulai mencari referensi makanan yang bisa dimasak untuk Anda dan keluarga. Hal ini bisa menjadi upaya bagi Anda untuk memperluas kemampuan memasak Anda.

Badan Anda merasa pegal? Berarti Anda perlu memasukan olahraga ke dalam hal wajib yang dilakukan di rumah. Saat ini, Anda tidak harus keluar rumah untuk berolahraga karena banyak video internet yang memperlihatkan bagaimana berolahraga di dalam rumah. Dengan stretching dan yoga, Anda juga bisa mengurangi tingkat stres dan mendapatkan tidur berkualitas.

Selain itu, gunakan gawai secukupnya. Banyaknya informasi yang diberikan membuat kita sebagai pembaca menjadi reaktif dan bertindak seenaknya. Semua orang juga mencoba berbagi informasi tanpa melihat kapabilitas sehingga sebaiknya saring segala informasi yang diterima saat ini. Kalau perlu, Anda bisa melakukan detoks digital agar Anda bisa menjalani aktivitas di rumah dengan tenang.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di dalam rumah selain beberapa hal yang disebutkan di atas. Beraktivitas di dalam rumah juga tidak melulu membosankan, malah bisa membangun kebiasaan baru yang tentunya menyenangkan. Apakah Anda lebih memilih aktivitas lain? Bagikan kepada kami, ya!