Instagram dan Threads Bergabung dengan Fediverse untuk Melawan Sentralisasi X

JAKARTA - Instagram dan Threads milik Meta telah bergabung dengan sekelompok platform media sosial yang disebut Fediverse. Fediverse adalah federasi platform independen yang memungkinkan pengguna di server yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain.

Meskipun para ahli dan analis masih mendebat alasan di balik langkah tersebut, Meta mengatakan bahwa ini sejalan dengan komitmennya terhadap desentralisasi dan privasi. Klaim ini dapat dibuktikan oleh iklim bisnis saat ini.

Threads adalah jawaban Meta untuk microblogging, paradigma berbagi media bentuk pendek di mana pengguna memposting dan berinteraksi dengan potongan konten yang mudah dicerna. X adalah pemimpin yang tidak diragukan lagi di ruang ini, dengan sekitar 335 juta pengguna bulanan pada tahun 2024.

Namun, angka tersebut tidak menceritakan seluruh cerita. Ketika Elon Musk membeli X  pada Oktober 2022, situs media sosial tersebut memiliki sekitar 368 juta pengguna bulanan. Ini menunjukkan penurunan 33 juta pengguna, atau sekitar 10% dari total jumlah pengguna.

Banyak dari ini dikaitkan dengan pergantian pengguna atas polarisasi yang dirasakan dari X melalui kehadiran Musk yang meningkat. Jutaan orang merayakan pembelian tersebut sebagai, dalam pandangan mereka, kemenangan bagi “kebebasan berbicara di internet,” sementara yang lain meninggalkan X atas apa yang mereka anggap sebagai pengambilalihan sayap kanan dari platform microblogging paling populer di dunia.

Banyak dari mereka yang meninggalkan situs tersebut mendukung penawaran desentralisasi di Fediverse - seperti Mastodon, Pleroma, dan Misskey - sebagai tujuan bagi mereka yang melarikan diri dari Twitter dan manajemen barunya.

Saat ini, X tetap menjadi situs microblogging paling populer dengan jarak yang jauh, tetapi juga ada dalam keadaan penurunan yang jelas. Baik pendapatan dan jumlah pengguna turun dari tahun ke tahun sejak pengambilalihan Musk. Meskipun jumlah pengguna sempat melihat lonjakan singkat pada tahun 2023, penurunan berikutnya telah menghapus keuntungan tersebut.

Sebaliknya, Threads tampaknya tidak memiliki tempat lain untuk berkembang selain naik. Saat ini memiliki sekitar 130 juta pengguna aktif bulanan.

Pengumuman terbaru Meta bahwa Threads dan Instagram akan bergabung dengan Fediverse dapat dilihat sebagai langkah untuk melawan Musk dan tren X menuju sentralisasi yang terus berlanjut.

Musk, orang terkaya di dunia, sering menyatakan bahwa niatnya dengan X adalah untuk membangun “aplikasi segalanya” di mana pengguna akan berkomunikasi, memonetisasi media, melakukan transaksi keuangan, dan menjadi tuan rumah merek pribadi dan profesional mereka.

Sebaliknya, Fediverse adalah rangkaian protokol desentralisasi yang memungkinkan integrasi pihak ketiga asli dan, seperti yang ditunjukkan Meta dalam postingan blog terbarunya, memberikan pengguna kontrol atas data mereka.

Seiring pengguna terus beralih dari penawaran Big Tech terpusat Musk, aplikasi “segalanya” X, penawaran desentralisasi seperti Mastodon menawarkan pandangan baru tentang ide microblogging. Dan, bisa dibilang, penambahan Threads dan Instagram membawa dengan itu tingkat aktivitas pengguna yang sebelumnya tidak pernah terlihat di Fediverse.