Meta Mulai Batasi Rekomendasi Konten Politik di Instagram dan Threads

JAKARTA – Pada Februari lalu, Meta mengumumkan bahwa mereka ingin mengurangi rekomendasi konten politik di Instagram dan Threads. Kini, pengaturan untuk pembatasan konten politik mulai diterapkan.

Meta telah meluncurkan pengaturan opt-out untuk membatasi konten politik dari akun yang tidak diikuti. Pembatasan ini diaktifkan secara default dan pengguna harus mematikan pengaturannya jika ingin tetap mendapatkan konten politik.

Batasan rekomendasi ini bisa dilihat di bagian pengaturan Instagram. Buka Pengaturan terlebih dahulu, kemudian cari menu Suggested Content. Setelah itu, klik bagian Political Content dan opsi Limit Political Content akan terlihat.

Selama pembatasan konten diterapkan, pengguna masih bisa melihat konten politik dari akun yang diikuti. Namun, jika pengguna ingin melihat lebih banyak konten politik, mereka bisa beralih ke opsi Jangan batasi konten politik dari akun lain.

Meta memberikan penjelasan bahwa, "(Pengaturan) ini memengaruhi rekomendasi di Explore, Reels, Rekomendasi Feed, dan Pengguna yang Disarankan. Ini tidak akan memengaruhi konten dari akun yang diikuti."

Meski pengaturan ini hanya bisa diakses di Instagram, sistem di Threads juga akan terpengaruh. Pasalnya, Threads merupakan aplikasi berbasis teks yang dikembangkan oleh Instagram dan masih menjadi bagian dari platform tersebut.

Meta belum mengirimkan pemberitahuan mengenai pembatasan konten politik secara default ke para pengguna Instagram dan Threads. Namun, pengaturan opt-out ini sudah diluncurkan secara luas, bahkan di Indonesia.