Demi Gelar, Haruskah Barcelona Dukung Madrid dalam Derby Ibu Kota?

JAKARTA - La Liga mulai memasuki tahap-tahap akhir kompetisi. Barcelona dan Real Madrid masih terus mengejar Atletico Madrid di puncak klasemen dalam perburuan gelar musim 2020/2021.

Atleti akan menjamu Los Blancos pada hari Minggu dan tim Catalan kemungkinan akan mendapat keuntungan dari potensi kemenangan Real Madrid atau bahkan hasil imbang antara rival Ibu Kota tersebut. 

Jika Los Rojiblancos kehilangan poin di Estasio Wanda Metropolitano dan Barcelona menang atas Osasuna akan membuat Las Blaugrana mempersempit jarak dengan pemuncak klasemen La Liga.

Dengan kemenangan di Pamplona pada hari Sabtu, Barcelona akan memberikan tekanan besar pada Atletico, yang menjamu Athletic Bilbao tiga hari setelah derby Madrid.

Jika Los Rojiblancos tidak berhasil memenangkan satu atau kedua pertandingan tersebut, perburuan gelar akan tiba-tiba semakin ketat. Pasalnya, Barcelona menghadapi Real Madrid pada 11 April di Estadio Alfredo di Stefano, sebelum menjami Atleti pada 9 Mei.

Menyusul kemenangan nyaman mereka atas Sevilla, Barcelona yakin bisa bersaing memperebutkan gelar La Liga. 

Sementara itu, hasil imbang melawan Real Sociedad pada  Senin membuat Los Blancos kini sejajar dengan Las Blaugrana di klasemen La Liga, keduanya lima poin di belakang tim Diego Simeone, yang memiliki tabungan satu pertandingan.

Kali ini, penggemar Barcelona tampaknya akan mendukung Real Madrid, karena kemenangan atas Atletico menguntungkan kepentingan mereka. Namun, skor imbang juga merupakan hasil positif bagi pasukan Ronald Koeman karena kedua pesaing gelar akan kehilangan poin. 

Yang jelas, jika Atleti berhasil merebut tiga poin melawan Real Madrid, mereka akan menjadi favorit absolut untuk merebut gelar La Liga 2020/21.