Kualifikasi Basketball Champions League Asia 2024 Digelar di Jakarta

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memastikan pertandingan Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 babak kedua akan digelar di Jakarta.

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah kualifikasi bersama Mongolia. Kualifikasi babak pertama berlangsung di Ulaanbaatar, Mongolia, pada 3-7 April 2024. Sementara, babak kedua dihelat di Jakarta, Indonesia, pada 23-26 April 2024.

Sekretaris Jenderal Perbasi, Nirmala Dewi, mengatakan bahwa sebelumnya Surabaya dan Bandung sempat masuk dalam opsi sebagai kota tuan rumah kualifikasi ajang penting itu.

"Namun, hari ini kami sudah memutuskan tempatnya di Jakarta. Kami pun sudah menginformasikan kepada FIBA sehingga tinggal venue saja," ujar Nirmala dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2024.

Ada tiga venue yang saat ini masuk dalam daftar opsi untuk menggelar pertandingan nanti. Ketiga tempat itu ialah Indonesia Arena, Istora Senayan, dan BritAma Arena Kelapa Gading.

Nirmala mengatakan persiapan yang dilakukan oleh Perbasi sejauh ini berjalan sangat intens. Mereka tengah berdiskusi untuk membuat keputusan tempat pertandingan nanti.

"Kami melihat kemungkinan pertama (Indonesia Arena). Namun, ada diskusi internal dulu menyesuaikan dengan jadwal. Jadi, belum kami putuskan, tapi ada komunikasi untuk kemungkinan digunakan," katanya.

Pada babak pertama kualifikasi nanti, Prawira Harum Bandung bergabung di Grup A bersama wakil dari Malaysia (NS Matrix Deers), Hong Kong (Hong Kong Eastern), dan runner-up kompetisi Mongolia.

Sementara itu, Pelita Jaya akan bersaing di Grup B melawan wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara kompetisi Mongolia, dan Singapura (Adroid Club).

Nanti, setiap tim di masing-masing grup akan memainkan tiga pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B otomatis lolos ke babak kualifikasi kedua di Jakarta.

Sementara peringkat dua dan tiga di tiap grup akan bertemu kembali secara silang untuk memperebutkan tiket babak kualifikasi kedua di Jakarta.

Dengan demikian, ada empat tim yang bersaing di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke BCL Asia 2024. Dua terbaik akan lolos untuk bersaing dengan tim-tim juara di masing-masing negara, seperti Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina.