Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Skuad Garuda Menang 1-0, Philippe Troussier Dapat Kado Pahit

JAKARTA - Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam berakhir 1-0 untuk Skuad Garuda. Hasil manis ini justru menjadi kado pahit bagi Philippe Troussier, pelatih Vietnam yang tengah berulang tahun.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam merupakan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2024, malam WIB, Vietnam tampil menyerang sejak awal babak pertama.

Tekanan itu masih berlangsung hingga pertandingan berjalan 12 menit. The Golden Stars mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-15, tetapi bola langsung ditepis kiper Muhammad Adi Satryo.

Pada menit ke-22 tim tamu kembali dapat peluang, tapi Nathan Tjoe-A-On yang melakoni debutnya berhasil menggagalkan peluang Nguyen Hoang Duc.

Indonesia baru mendapatkan kesempatan pada menit ke-27 melalui tendangan bebas. Akan tetapi, bola yang digulirkan Witan masih tidak menemui sasaran.

Permainan panas terus bergulir, jual-beli serangan untuk memecah kebuntuan terus terjadi. Memasuki menit ke-43 kepanikan terjadi ketika bola tendangan bebas pemain Vietnam terlepas dari tangan Adi Satryo.

Beruntung, para pemain Skuad Garuda berhasil membuang bola dan menutup babak pertama dengan skor 0-0.

Melanjutkan perjuangan di babak kedua, asa Timnas Indonesia terbuka setelah Shin Tae-yong memasukan Egy Maulana Vikri untuk menggantikan Nathan Tjoe-A-On. Hadirnya Egy membuat kebuntuan Skuad Garuda akhirnya berakhir.

Memanfaatkan kelengahan pergerakan tim lawan, Egy berhasil melesakkan tembakan tepat ke gawang Vietnam. Skor kemudian berubah unggul untuk Timnas Indonesia 1-0.

Setelah berhasil mencuri poin ini, semangat semakin membara di kubu Skuad Garuda. Terlihat usaha Rizky Ridho dan kawan-kawan yang berulang kali menggempur garis akhir pertahanan lawan.

Kesempatan menggandakan angka berpihak pada tuan rumah karena pada menit ke-88 wasit memberikan tendangan bebas. Namun, eksekusi itu masih melebar dan gagal menjadi gol kedua.

Pada menit ke-89, kartu kuning dikeluarkan wasit untuk Sandy Walsh setelah sang pemain melanggar pemain lawan.

Hingga laga usai beberapa peluang gagal dimanfaatkan tim asuhan Shin Tae-yong untuk menambah angka. Meski begitu, kemenangan 1-0 Skuad Garuda menjadi kado pahit bagi Troussier yang hari ini merayakan ulang tahun.