Tim Manggala Agni Kampar Padamkan 2 Hektare Lahan Terbakar

PEKANBARU - Tim Manggala Agni Daerah Operasional Sumatera IV/Pekanbaru berupaya terus memadamkan api pada lahan seluas dua hektare di Jalan Riau Ujung Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kampar, Riau.

"Untuk kondisi lahan yang terbakar di Desa Karya Indah tersebut merupakan tanah gambut sehingga membutuhkan cukup waktu untuk memadamkannya," kata Kepala Manggala Agni Daops Sumatera IV/Pekanbaru, Chaerul Parsaulian Ginting dilansir ANTARA, Rabu, 20 Maret.

Terdapat kendala dalam memadamkan api karena areal lahan terbakar berada di lokasi yang sulis diakses kendaraan roda empat sehingga untuk memobilisasi kendaraan sulit.

Karena itu, katanya dengan medan temouh yang sulit mengakibatkan upaya pemadaman menghadapi kendala sehingga upaya pemadaman masih akan berlangsung Kamis (21/4).

"Berdasarkan informasi yang disampaikan Babinsa setempat, karhutla di lokasi ini sudah berlangsung sejak kemarin. Namun demikian kita baru turun ke lokasi setelah lokasi karhutla ini terpantau sebagai hot spot dan juga patroli udara," katanya.

Pada pembaruan pukul 23.00 WIB, total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera mencapai 185. Dari jumlah tersebut, sebagian besar terkonsentrasi di beberapa provinsi, di antaranya Bengkulu dengan 42 titik, Sumatera Barat 24 titik, dan Bangka Belitung dengan 27 titik, Jambi dan Lampung masing-masing 6 titik. Sumatera Selatan 16 titik, Sumatera Utara 12, Kepulauan Riau 4 titik.

Wilayah Riau memiliki total 48 titik hotspot, dengan paling banyak terdapat di Dumai (15 titik) dan Pelalawan (22 titik), diikuti oleh Rokan Hilir, Siak, Indragiri Hulu, dan Kepulauan Meranti, masing-masing dengan 2 titik hotspot.