Massa Pro dan Kontra Hasil Pemilu 2024 Adu Lantang di KPU 

JAKARTA - Sejumlah massa yang mendukung dan menolak atau pro-kontra hasil rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka saling adu lantang dalam menyampaikan aspirasinya.

Massa pro hasil Pemilu 2024 berada di sisi barat Kantor KPU. Sedangkan massa kontra berada di sebelah timur.

Kedua kelompok massa itu dibatasi barier pembatas. Selain itu, sejumlah personel TNI-Polri berjaga disetiap sisi untuk mencegah bentrokan

Kedua kelompok massa itu seolah adu lantang. Orator masing-masing kelompok terus memacu semangat massa agar tak henti menyampaikan pendapatnya.

Massa kontra sempat mendendangkan lagu Bongkar karya musisi legendaris Iwan Fals. Mereka menuntut agar menolak pemilu curang, mendiskualifikasi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, mereka mendukung hak angket DPR RI dan memakzulkan Presiden Jokowi.

Semantara massa pro mendukung hasil pemilu 2024. Dalam atribut demo meminta agar tidak terprovokasi isu pemilu curang.

KPU RI bakal menetapkan hasil rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, malam nanti atau usai berbuka puasa.

"Nah mungkin kalau waktu definitif-nya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah inilah, puasa, ya, waktu berbuka, semacam itu, jadi itu ya teman-teman ya," ujar Anggota KPU RI August Mellaz.

Sebelum menetapkan hasil rekapitulasi tingkat nasional, Ketua KPU Hasyim Asy'ri dan para komisioner akan menggelar rapat pleno terlebih dulu.

Tujuannya, memastikan semua data ataupun dokumen-dokumen yang diterima KPU telah lengkap.

"Nah nanti mungkin akan ada kebutuhan waktu di kami untuk melakukan pencermatan ataupun pemeriksaan dokumen-dokumen yang dibutuhkan," ucapnya.

"Jadi yang jelas kan nanti pada saat pleno rekapitulasi kita akan lihat bagaimana dinamikanya untuk dua provinsi. setelah ditetapkan pasti kita butuh jeda waktu untuk cek dokumen," sambung Mellaz.