Bermitra dengan SkyServe, Loft Orbital Akan Terapkan Komputasi Berbasis AI di Satelit YAM-6

 

JAKARTA – Loft Orbital, penyedia infrastruktur ruang angkasa, bekerja sama dengan startup SkyServe. Melalui kemitraan ini, Loft Orbital akan menggunakan kemampuan komputasi edge pada satelit.

Diumumkan di blog resmi SkyServe, platform komputasi edge ini disebut sebagai SkyServe STORM. Solusi ini akan diterapkan di satelit YAM-6 yang telah diluncurkan pada 4 Maret lalu dan proses penerapannya dinamakan sebagai Mission Denali.

Dengan menggunakan solusi SkyServe, Loft Orbital ingin mendemonstrasikan kemampuan Kecerdasan Buatan (AI) dengan menganalisis citra optik dan hiperspekteral yang dihasilkan oleh YAM-6. Harapannya, model AI ini bisa diterapkan ke para pelanggan.

Kepala Eksekutif SkyServe Vinay Simha mengatakan bahwa ia sangat mendukung Mission Denali. Pasalnya, tujuan Loft Orbital sejalan dengan misi ambisius SkyServe, yaitu menyediakan infrastruktur ruang angkasa yang penting bagi pelanggan.

"Kami bangga bekerja sama dengan Loft untuk menyediakan infrastruktur ruang angkasa yang penting dan pemrosesan data multi-sensor untuk misi ambisius SkyServe untuk membangun nilai penting bagi pengguna hilir,” kata Vinay, dikutip dari Spacenews.

Di sisi lain, Pimpinan Produk Misi Virtual Loft Orbital, Bethany Pulcini-Baldwin, sempat mengatakan bahwa misi YAM-6, yang disebut sebagai misi virtual, akan memberikan peluang mengenai kemajuan perusahaan dalam mempersingkat waktu ke orbit.

Baldwin pun mengatakan bahwa perangkat lunak dengan daya komputasi seperti SkyServe STORM sangat berguna bagi perusahaan. Perangkat lunak ini akan menciptakan sudut pandang yang baru dalam pengaplikasian AI dan pembelajaran mesin.

Selama kemitraan ini berlangsung, SkyServe STORM akan mendefinisikan paradigma pemrosesan data berbasis ruang angkasa melalui data multispektral dan hiperspektral secara real-time. Nantinya, STORM bisa memberikan wawasan yang diproses menggunakan edge.

SkyServe STORM akan menggunakan model AI untuk memberikan prediksi sesuai permintaan Loft Orbital, seperti pelacakan kebakaran hutan dan irigasi. STORM juga bisa memantau karbon, mengawasi maritim, energi, serta utilitas.