Barakallah Fii Ilmi Tulisan Arab: Berikut Pembahasan, Contoh Kalimat Beserta Cara Menjawabnya

YOGYAKARTA - Pernah mendapatkan ucapan “barakallah fii ilmi”? Tentunya sebagai umat muslim kita bakal pernah mendengar atau sering mendapatkan ucapan itu. Ingin tahu seperti apa barakallah fii ilmi tulisan arab? Yuk, ikuti ulasannya di bawah ini.

Biasanya kita akan mendapatkan ucapan barakallah fii ilmi ketika kita diwisuda. Lantas apa sih arti dari Barakallah ilmi tersebut?

Barakallah Fii Ilmi Tulisan Arab

باَرَكَ اللهُ في عِلْمِك

Adapun artinya selaku berikut:

Barokallah fii ilmi = "semoga Allah memberkahi ilmuku"

Barakallah fii ilmik = "Semoga Allah memberkahi ilmumu"

Barakallah fii ilmika = "Semoga Allah memberkahi ilmumu" (untuk laki-laki)

Tidak hanya memberikan ucapan tersebut, terdapat doa serta harapan supaya ilmu yang telah dipelajari selama ini dapat berguna di dunia serta akhirat dan menemukan berkah dari Allah SWT.

Contoh Pemakaian Barakallah Fii Ilmi

Berikut sebagian contoh kalimat memakai perkataan barakallah fii ilmi.

  1. "Alhamdulilah akhirnya lulus! Barakallah fii ilmi! Teman- teman, terima kasih atas dukungan kalian dan juga perjuangan yang kita lalui bersama. Mudah- mudahan kedepannya kalian berhasil semua, amin."
  2. “Barakallah fii ilmi! Selamat ya udah lulus kuliah! Mudah- mudahan gelarnya jadi berkah serta bermanfaat untuk masyarakat serta dirimu sendiri. Amin!”
  3. "Barakallah fi ilmi temanku! Setelah bertahun-tahun akhirnya kalian lulus juga, lebih baik telat daripada tidak sama sekali! Mudah- mudahan ilmu yang didapatkan berguna serta kedepannya kalian bakal meraih cita-citamu."
  4. “Barakallah fii ilmi ya! Selamat atas gelarnya. Mudah- mudahan kalian pake ilmunya buat capai cita-cita, serta seluruh urusan dilancarkan Allah SWT.”

Jawaban Buat Barakallah Fii Ilmi

Ada pula jawaban yang pas pada saat ada orang yang memberikan perkataan Barakallah fii ilmi ataupun Barakallah fii ilmik yaitu:

Wa Fiika Barakallah

Artinya: Mudah-mudahan Allah juga memberkahimu

Pentingnya Bahasa Arab Bagi Orang Islam

Bahasa arab merupakan bahasa islam, serta ia mempunyai beberapa keutamaan, apalagi bagi ibnu Katsir, bahasa arab merupakan bahasa yang sangat mulia. Dia berkata;

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

“Karena  Alquran adalah kitab yang paling mulia,diturunkan dengan bahasa yang paling mulia,disampaikan oleh malaikat yang paling mulia,diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi,diturunkan pula di bulan yang paling mulia yaitu Ramadhan.Dari berbagai sisi itu,kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Alquran.”

Bahasa Arab Menegakkan Peradaban Islam

Syekh Dr. Sadi Muhammad Salim An Nu’maniy dalam ceramahnya mengatakan: "Bila bahasa islam ”bahasa arab” ada disuatu negeri, maka ia bakal melindungi keberadaan islam disitu. Tetapi, bila bahasa ini lenyap, mati, serta pergi dari masyarakat muslim, sehingga ini sangat beresiko serta bisa melenyapkan islam dari negeri tersebut. Oleh karena itu, di bagian eropa timur sempat terdapat negeri islam, musuh musuh islam disitu dalam memerangi kalangan muslimin, pertama-tama dengan melarang mereka buat berdialog dengan bahasa arab, serta melarang mereka menamakan putra putri mereka dengan bahasa arab.

Setiap yang berkaitan dengan bahasa arab mereka larang. Apa sebabnya? sebabnya karena mereka mengetahui kalau jika melarang pemakaian bahasa arab, kalangan muslimin bakal lupa dengan bahasanya. Sehingga dengan metode ini bisa menghancurkan serta melenyapkan islam dari negeri tersebut. Dan itu terjadi. Sangat sedikit umat muslim disitu serta bahasa mereka saat ini bukan bahasa arab lagi serta mereka jauh dari agama. Maka melindungi bahasa arab termasuk jihad fisabilillah”.

Selain itu kalian juga perlu mengetahui: “Arti Jazakumullah Khairan Katsiran” yang kerap dilontarkan sesama umat muslim di dunia.

Jadi setelah mengetahui barakallah fii ilmi tulisan Arab, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!