Perjalanan Musik Ade Paloh Bersama Sore Selama Dua Dekade

JAKARTA - Ade Paloh, vokalis sekaligus gitaris Sore meninggal dunia hari ini, Selasa, 19 Maret. Ini menjadi pemberhentian perjalanan musiknya yang berlangsung lebih dari dua dekade.

Musisi dengan nama lahir Firza Achmar Paloh itu lahir pada 29 Maret 1976. Perjalanan musiknya bersama Sore dimulai pada tahun 2002. Ia menjadi personel band awal bersama Awan Garnida, Bemby Gusti, Mondo Gascaro, dan Reza Dwiputranto.

Setelah terlibat dalam album kompilasi dan soundtrack film Janji Joni, Sore merilis album perdana bertajuk Centralismo di pertengahan tahun 2005. Album ini masuk dalam daftar 150 Album Terbaik Indonesia Sepanjang Masa versi Rolling Stone.

Lewat Centralismo, Sore dikenal sebagai band yang mengusung konsep retro, dengan menghadirkan elemen bunyi khas dari instrumen vibraphone, mellotron, dan horn. Sesuatu yang unik untuk band yang muncul di tahun tersebut.

Kemudian, Sore banyak mengisi untuk soundtrack film, seperti Berbagi Suami (Love for Share), Kala, dan Quickie Express: Perempuan Punya Cerita.

Album kedua Sore, Ports of Lima hadir di tahun 2008. Album ini mendapat sambutan hangat dengan lagu-lagu andalan seperti Setengah Lima, Vrijeman, dan Karolina.

Pada tahun 2010, Ade Paloh memutuskan keluar dari band. Saat itu, Sore telah menjadi ikon musik independen Indonesia, yang punya pendengar setia di berbagai daerah, khususnya Jakarta.

Ade ingin memulai perjalanan musik yang baru dan berbeda, memutuskan keluar dari band dan mengambil jalur lain dalam bermusik. Sore pun memilih vakum.

Namun begitu, Sore kembali di tahun 2013 dengan gebrakan lebih besar. Album Sorealist dirilis, dan diikuti album Los Skut Leboys dua tahun kemudian.

Sore kembali hadir di banyak panggung musik nasional. Lagu-lagunya selalu dinyanyikan bersama para penonton.

Selanjutnya, Sore merilis album mini Mevrouw di tahun 2019 dan album penuh Quo Vadis, Sore? di tahun 2023.

Perjalanan musik Ade Paloh tidak dapat dipisahkan dari Sore yang telah menjadi ikon musik independen Indonesia selama dua dekade terakhir.

Berdasarkan pengakuan Soleh Solihun di akun Instagram, Ade Paloh diketahui memilih politik praktis dengan mendaftarkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD DKI Jakarta dalam pemilu tahun ini.

Dengan keikutsertaannya di dunia politik, Ade juga mengisyaratkan bahwa Sore berencana untuk kembali vakum dalam waktu dekat.