Cara Mengambil, Merekam, dan Mengirim Tangkapan Layar di PlayStation 5

JAKARTA - Di PlayStation 5, Anda dapat mengambil tangkapan layar melalui pengontrol DualSense. Setelah itu, Anda bisa langsung mengirim tangkapan layar tersebut ke perangkat lain dengan mudah. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa agar tangkapan layar dan video terupload otomatis, pastikan konsol PS5 Anda harus ditautkan ke Aplikasi PlayStation.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan konsol PS5 berada dalam mode istirahat dan mengaktifkan pengaturan Tetap Terhubung ke Internet. 

Jika sudah memastikan dua hal di atas, lakukan cara langkah berikut ini:

  1. Buka Aplikasi PlayStation
  2. Kemudian pilih Perpustakaan
  3. Buka Tangkapan dan pilih Aktifkan

Nah, untuk mengaktifkan unggah otomatis di konsol PS5, Buka Media Gallery > Lihat pop up yang mengundang Anda untuk mengaktifkan. Atau Buka Settings > Captures and Broadcasts > Captures > Aktifkan Unggah Otomatis

Cara Mengambil Video dan Tangkapan Layar di PlayStation 5

Pertama, tekan tombol create pada pengontrol nirkabel DualSense Anda untuk membuka menu create.  Lalu pilih salah satu cara pengambilan gambar berikut:

  • Ambil Tangkapan Layar
  • Ambil tangkapan layar layar gim Anda saat ini
  • Mulai Perekaman Baru
  • Mulai rekaman baru gameplay Anda. 

Setelah selesai merekam, tekan tombol create lagi untuk membuka menu create, lalu pilih Stop Recording. Di sini, Anda dapat merekam gameplay hingga 1 jam.

Video gameplay terbaru Anda direkam secara terus-menerus dan otomatis. Anda dapat menyimpan gameplay mulai dari 15 detik terakhir hingga 1 jam.