Samsung Hentikan Pembaruan Keamanan untuk Galaxy S10 dan Note 10 Lite

JAKARTA – Samsung terus memenuhi janji keamanan dan pembaruan Android untuk seluruh ponsel Galaxy yang mereka buat. Sayangnya, janji ini akan dihentikan untuk Galaxy Note 10 Lite dan S10 Lite. 

Kedua perangkat ini baru diluncurkan pada tahun 2020, tetapi rilis pembaruannya sudah harus dibatasi. Padahal, Samsung telah menetapkan jangka panjang terbaru untuk masa pembaruan, yaitu hingga 7 tahun.

Pembaruan keamanan dan sistem Galaxy Note 10 Lite dan S10 Lite tidak akan diperpanjang hingga 7 tahun. Pasalnya, perangkat ini diluncurkan saat Samsung masih mengembangkan kebijakan pembaruan hingga tujuh generasi Android.

Sesuai dengan kesepakatan yang Samsung buat saat dua model Galaxy itu diluncurkan, Samsung hanya memberikan pembaruan Android selama tiga tahun dan pembaruan keamanan selama empat tahun. 

Berdasarkan jadwal pembaruan yang Samsung bagikan untuk pembaruan keamanan, ponsel Galaxy Note 10 Lite dan S10 Lite tidak masuk ke dalam daftar. Artinya, dua perangkat itu telah berhenti menerima seluruh pembaruan.

Ketika pembaruan sudah dihentikan oleh produsen, beberapa aplikasi akan berhenti berfungsi dalam beberapa tahun mendatang. Perangkat juga akan rentan dari berbagai macam bahaya karena keamanannya tidak diperbarui.

Oleh karena itu, para pengguna Galaxy Note 10 Lite dan S10 Lite disarankan untuk mengganti perangkat mereka. Jika perangkatnya tidak diganti, mereka tidak akan mendapatkan sistem atau fitur yang sama dengan perangkat lain.