Bocoran Pixel 8a: Seri A Buatan Google dengan Harga Termahal

 

JAKARTA – Seri A dari ponsel Pixel terkenal dengan harganya yang terjangkau, tetapi tidak dengan Pixel 8A. Kabarnya, Google akan menaikkan harga ponsel seri A karena spesifikasi yang ditambahkan. 

Pixel 3a merupakan ponsel Pixel pertama untuk seri A. Ponsel itu diluncurkan pada tahun 2019 dengan harga 399 dolar AS (Rp6,2 juta), setengah dari harga perangkat Pixel biasa. Penetapan harga ini masih dilakukan saat Pixel 4a diluncurkan. 

Harga Pixel seri A mulai meningkat saat Pixel 5a dan 6a diluncurkan, keduanya dibanderol dengan harga 449 dolar AS (Rp7 juta). Kenaikan harga masih terjadi saat Pixel 7a diluncurkan. Perangkat ini dibanderol dengan harga 499 dolar AS (Rp7,8 juta). 

Berdasarkan laporan WinFuture, dikutip dari 9to5google, perusahaan tersebut akan kembali menaikkan harga seri A dipeluncuran Pixel 8a. Kabarnya, ponsel ini akan dibanderol dengan harga 549 dolar AS (Rp8,6 juta), berbeda sedikit dengan Pixel 8 biasa. 

Pixel 8a diluncurkan pada Oktober tahun lalu. Perangkat ini hanya berbeda 150 dolar AS dengan Pixel 8a, yaitu 699 dolar AS atau sekitar Rp10,9 juta. Ini merupakan peningkatan terbesar dari perangkat seri A. 

Google belum menjelaskan alasan di balik kenaikan harga ini. Namun, harga perangkat ini diperkirakan meningkat karena Pixel 8a akan ditenagai Tensor G3. Perangkat ini juga diperkirakan akan membawa beberapa fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI). 

Kabar lainnya menyebutkan bahwa Pixel 8A akan memiliki dua tipe penyimpanan, yaitu 128GB dan 256GB. Perangkat ini akan diluncurkan dengan empat warna, yaitu Obsidian, Porcelain, Bay, dan Mint, mirip dengan warna di Pixel 8 Pro. 

Belum diketahui kapan perangkat ini akan diluncurkan. Namun, berkaca pada peluncuran Pixel 7a tahun lalu, Google mungkin memperkenalkan Pixel 8a di acara konferensi pengembang perangkat lunak tahunan, yaitu Google I/O.