Google Umumkan Perubahan Besar untuk Pengguna dan Pengembang di Eropa

JAKARTA - Pada Selasa, 5 Maret, Alphabet’s, perusahaan induk Google, menguraikan perubahan pada hasil pencarian dan alat baru untuk pengembang aplikasi untuk mempromosikan produk mereka di aplikasi pihak ketiga dan toko aplikasi pesaing. Ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mematuhi peraturan teknologi UE yang bersejarah yang bertujuan untuk mengendalikan kekuasaan Big Tech.

Ditunjuk sebagai penjaga pintu yang mengendalikan akses jutaan pengguna dan bisnis ke platform mereka, Google, Amazon, Apple, Microsoft, Meta Platforms, dan pemilik TikTok ByteDance harus mematuhi Digital Markets Act (DMA) pada tanggal 7 Maret.

Perusahaan telah mengumumkan beberapa perubahan yang hanya berlaku untuk pengguna di Eropa pada bulan Januari dan sejak itu memperbaiki beberapa dari mereka sebagai tanggapan terhadap umpan balik dari regulator antitrust UE, pengguna, dan pengembang aplikasi.

Perubahan pada hasil pencarian berarti perantara dan aggregator besar akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas sedangkan hotel, maskapai penerbangan, pedagang, dan restoran akan mendapatkan lebih sedikit, kata Google dalam sebuah posting blog.

Pengguna akan diminta persetujuan mereka untuk memungkinkan Google membagikan data mereka di seluruh produk dan layanan Google.

Pengembang aplikasi akan dapat menggunakan sistem penagihan alternatif dan bukan hanya penagihan Google Play sementara program baru akan memungkinkan mereka untuk langsung memimpin pengguna Eropa di luar aplikasi untuk mempromosikan produk mereka.

Google juga akan meluncurkan perangkat lunak portabilitas data di Eropa pekan ini, memudahkan pengembang untuk memindahkan data pengguna ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.