Lima Ruas Baru Tol Trans Sumatera Siap Dioperasikan Tahun Ini, Berikut Rinciannya

JAKARTA - PT Hakaaston (HKA) siap mengoperasikan lima ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ditargetkan bakal rampung tahun ini.

Adapun kelima ruas tol yang dimaksud adalah Tol Sigli-Padang Tidji-Seulimeum dari 35,7 kilometer (km) menjadi 74,1 km, Tol Binjai-Pangkalan Brandan dari 20 km menjadi 58 km dan Tol Kuala Tanjung-Indrapura-Tebing Tinggi-Dolok-Sinaksak dari 28,3 km menjadi 83,8 km.

Kemudian, ada Tol Indrapura-Kisaran (seksi 1 dan 2) dari 15,7 km menjadi 47,7 km serta Tol Pekanbaru-Bangkinang-Koto Kampar dari 31 km menjadi 55,7 km.

"Ruas-ruas baru tersebut akan kami operasikan tahun ini," ujar Direktur Operasi HKA Martin Nababan dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa, 5 Maret.

Dari penambahan ruas itu, HKA menargetkan pendapatan sebesar Rp680 miliar pada 2024 ini.

Target tersebut meningkat hingga 130 persen dari pendapatan 2023, yaitu sebesar Rp523 miliar.

Kelima ruas baru tersebut seiring dengan pembangunan infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN) JTTS yang telah mencapai 88,70 persen.

HKA juga telah menyiapkan strategi untuk memberikan pelayanan maksimal dan meningkatkan kenyamanan pengguna jalan tol, di antaranya dengan merancang empat aplikasi utama, yakni, Astoll yang merupakan platform untuk memberikan informasi real-time tentang kondisi jalan tol, CCTV live, lokasi area istirahat, tarif tol dan fitur tanggap darurat.

Selanjutnya, HKA Toll Road Operation and Maintenance (Trom) yang mendukung pekerjaan petugas tol dalam memberikan pelayanan di ruas tol.

Terakhir, HKA Today dan Live Asphalt Monitoring System (LAMPS) yang menjadi platform penting bagi pemeliharaan jalan tol serta pemantauan logistik hotmix di seluruh unit produksi.