Tips Melindungi Perangkat Seluler dari Serangan Siber ala Kaspersky

JAKARTA - Para ahli Kaspersky melihat adanya tren peningkatan yang nyata dalam serangan yang menargetkan perangkat seluler.

Pada tahun 2023 saja, jumlah serangan serupa melonjak menjadi 33.790.599.

Jumlah tersebut meningkat signifikan hampir 52 persen, dibandingkan dengan 22.255.956 serangan yang tercatat pada tahun sebelumnya.

Perusahaan keamanan siber global itu juga menemukan bahwa adware merupakan ancaman paling umum terhadap perangkat seluler, kemudian disusul dengan trojan perbankan.

Untuk melindungi diri Anda dari ancaman seluler, Kaspersky membagikan rekomendasi berikut:

  • Lebih aman mengunduh aplikasi Anda hanya dari toko resmi seperti Apple App Store, Google Play, atau Amazon Appstore. Aplikasi dari pasar ini tidak 100% aman dari kegagalan, namun setidaknya aplikasi tersebut diperiksa oleh perwakilan toko dan terdapat sistem penyaringan — tidak semua aplikasi dapat masuk ke toko ini.
  • Periksa izin aplikasi yang Anda gunakan dan pikirkan baik-baik sebelum mengizinkan suatu aplikasi, terutama jika menyangkut izin berisiko tinggi seperti Layanan Aksesibilitas. Satu-satunya izin yang diperlukan aplikasi senter adalah senter (yang bahkan tidak melibatkan akses kamera).
  • Solusi keamanan yang andal membantu Anda mendeteksi aplikasi dan adware berbahaya sebelum aplikasi tersebut mulai berperilaku buruk di perangkat Anda.
  • Saran yang baik adalah memperbarui sistem operasi dan aplikasi penting Anda saat pembaruan tersedia. Banyak masalah keamanan yang dapat diselesaikan dengan menginstal perangkat lunak versi terbaru.