Sergi Darder Antar Real Mallorca ke Final Piala Raja Lewat Tendangan Penalti Dramatis

JAKARTA – Pemain pengganti Sergi Darder membawa Real Mallorca ke final Piala Raja dalam tendangan penalti dramatis di markas Real Sociedad, Rabu 28 Februari dini hari.

Para tamu berhasil mencetak semua lima penalti mereka setelah Mikel Oyarzabal gagal dalam percobaan pertama tuan rumah untuk menuju pertandingan puncak melawan Athletic Bilbao atau Atletico Madrid, yang bertemu pada Kamis 29 Februari di Stadion San Mames sementara Bilbao mempertahankan keunggulan 1-0 dari leg pertama.

Mallorca, yang berada di posisi ke-16 di LaLiga, unggul terlebih dahulu di Reale Arena melalui sundulan Giovanni Gonzalez setelah kiper Dominik Greif menyelamatkan penalti Brais Mendez tetapi Oyarzabal membuat skor menjadi 1-1 untuk memaksa pertandingan masuk babak tambahan.

Mikel Merino, yang golnya pada menit akhir mengamankan kemenangan liga 2-1 atas Mallorca awal bulan ini, gagal mengulang pencapaiannya ketika ia membuat tendangan tinggi dan lebar delapan menit setelah pertandingan dimulai, tetapi Dani Rodriguez juga tidak membuang peluang lima menit kemudian.

Arsen Zakharyan mengancam dengan tembakan dari jarak jauh saat tuan rumah menekan untuk mencari gol, tetapi Abdon Prats hampir membuka skor untuk para tamu enam menit sebelum istirahat.

Namun, Sociedad yang berada di peringkat ketujuh diberikan kesempatan emas untuk membuka skor di akhir paruh pertama ketika Antonio Raillo dianggap melakukan handball di area, tetapi Greif menyelamatkan penalti Mendez.

Para tamu yang berhasil unggul lima menit setelah babak kedua dimulai ketika Gonzalez mencetak gol dengan sundulan dari umpan silang Jaume Costa.

Gol tersebut memicu serangan dari tuan rumah yang akhirnya membuahkan hasil  di mana 19 menit tersisa ketika Oyarzabal menyamakan kedudukan dari umpan Mendez.

Pengganti Sheraldo Becker hampir memenangkan pertandingan untuk tim Imanol Alguacil ini dalam sepuluh menit tersisa, tetapi tidak ada pihak yang berhasil mencetak gol kemenangan hingga waktu habis.

Tuan rumah menciptakan peluang lebih baik dalam waktu tambahan, dengan Greif menyelamatkan tembakan dari Becker dan pengganti Umar Sadiq, tetapi kedua tim bermain seri dan penalti diperlukan untuk menentukan pemenang.

Oyarzabal tidak berhasil mengonversi penalti pembuka dalam adu penalti dan di mana Vedat Muriqi, Manu Marlanes, Omar Mascarell, Nemanja Radonjic, dan Darder semua sukses mencetak gol untuk Mallorca, mereka berhasil menang dengan skor 5-4.