Dibayangi Ketatnya Regulasi Euro5+, Yamaha Umumkan Hanya Hadirkan R1 Versi 'Track-Only' Mulai 2025 di Eropa

JAKARTA - Langkah berani dilakukan Yamaha pada sepeda motor berperforma tingginya. Pabrikan berlogo garputala ini memutuskan tidak akan melakukan penyegaran pada model R1 dan R1M demi memenuhi regulasi emisi Euro5+ yang ketat dan hanya akan menjualnya dalam versi ‘track-only’ mulai 2025 mendatang di Eropa.

“Yamaha Motor Group telah mengambil keputusan untuk tidak mengembangkan R1 atau R1M versi EU5+, melainkan fokus pada strategi bisnis dan produk jangka menengah lainnya yang akan memberikan peluang di masa depan,” kata juru bicara pabrikan dilansir dari Motorcyclenews, Senin, 26 Februari.

Setelah pernyataan tersebut keluar, divisi balap Yamaha Racing juga mengonfirmasi bahwa produksi R1 secara global akan berlanjut di masa depan diikuti oleh program pengembangan agar dapat bersaing kompetitif di ajang kelas dunia seperti World Superbike (WSBK) maupun Endurance World Championship (EWC).

“Produksi global R1 akan terus berlanjut di masa depan, begitu pula dengan program pengembangan yang telah memastikan motor ini mengamankan gelar juara dunia di WorldSBK dan EWC,” tulis Yamaha Racing.

Terakhir kali model R1 maupun R1M menerima pembaruan besar ialah menjelang tahun 2020, yang menyesuaikan dengan regulasi Euro5 dengan melakukan sedikit peningkatan pada bagian sasis dan mesin serta perubahan paket gaya dan elektronik.

Yamaha R1 bukanlah superbike pertama yang dihentikan penjualan secara massal karena disebabkan oleh pengetatan emisi. Sebelumnya pada 2022 lalu, Suzuki memutuskan untuk menghentikan penjualan dan produksi dari GSX-R1000 untuk pasar Eropa.

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP. (Dok. Honda Global)

Meskipun demikian, para pecinta superbike sepertinya masih akan tersenyum lebar dengan kabar bahwa Honda bakal merombak CBR1000RR-R Fireblade SP secara masif sebagai model tahun 2024.

Dikabarkan motor Honda bertenaga dahsyat ini akan mendapatkan perombakan termasuk throttle body terpisah, revisi suspensi, engkol lebih ringan, dan conrod titanium yang lebih ringan.