TRAH dan Ombags Kembali Tunjukkan Komitmen Cinta Tanah Air Lewat Lagu Nusantara

JAKARTA - Kolaborasi musisi yang diwadahi TRAH kembali hadir dengan karya baru berjudul Nusantara. Sebelumnya, gerakan yang digagas oleh Mahardhika Soekarno, Nanda Persada, Swara Wimayoga dan Dimas Pandu Danardono ini sudah menghasilkan tiga karya, yaitu Untuk Indonesia Raya, Sumpah Pemuda, dan Pancasila.

Dalam karya keempat kali ini, TRAH menyajikan rasa baru dengan pesan yang begitu mendalam, serta rasa syukur atas kekayaan yang bangsa Indonesia miliki.

Lagu berjudul Nusantara ini ditulis dan dinyanyikan oleh Bagus Danar Dhana alias Ombags (NTRL). Ia berkolaborasi dengan Cita Rahayu dengan konsep duet.

Nusantara melibatkan banyak nama besar di musik Indonesia dalam proses produksinya. Hasan Nasution, putra dari mendiang Debby Nasution bertindak sebagai produser.

Kemudian, Wildan Ryanda alias Pranala dilibatkan untuk mengisi ukulele. Ronald Viandra yang sudah terlibat dalam proyek sebelumnya, kali ini berperan sebagai pengarah musik.

Selanjutnya, Reza Jozef Patty atau yang lebih dikenal sebagai Rejoz (The Groove & MALIQ & D'Essentials), dilibatkan dalam proses rekaman untuk mengisi perkusi. Instrumen ini menjadi kunci dalam tema musik rakyat yang diangkat di lagu Nusantara.

Swara Wimayoga alias Wima, bassis J-Rocks juga ikut terlibat untuk mengisi bass dalam proses rekaman. Kemudian, Mahardika mengisi kibor dan synthesizer yang memberi nuansa berbeda di tema lagu.

Tidak berhenti sampai di situ, proyek TRAH kali ini melibatkan puluhan musisi yang tergabung dalam Isvara Orchestra yang dipimpin Sena Samino. Sebelumnya, musisi asal Yogyakarta itu sudah beberapa kali dilibatkan dalam proses produksi rekaman album musisi-musisi lain dalam 45 Movement Records, salah satunya dalam album terbaru Cita Rahayu.

Dalam proyek ini, TRAH juga melibatkan penyanyi anak-anak demi membangun rasa cinta terhadap tanah air sejak usia dini. Mereka adalah Muhammad Zubayr Al-hawary, Satria Aryan Dana, Maheswari Kirana Rinjani dan Alya Putri.

Selanjutnya, nama terakhir yang tidak kalah penting adalah Arga yang berperan dalam proses rekaman hingga proses mixing, dan Wawaz yang berperan dalam proses mastering.

Dengan lagu berjudul Nusantara ini, TRAH menunjukkan komitmen untuk selalu melahirkan karya-karya bertema kebangsaan dan harapan yang baik untuk bangsa, semangat persatuan, penghargaan terhadap perjuangan, cinta dan kebanggaan kepada negeri, hingga kritik diri untuk membangun bangsa.